Bersama Kasal, Gubernur Ansar Ikuti Penutupan Dikmaba & Dikmata PK TNI AL Angkatan XLI 2021

Bersama Kasal, Gubernur Ansar Ikuti Penutupan Dikmaba & Dikmata PK TNI AL Angkatan XLI 2021

METROBATAM.COM|BINTAN – Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad menghadiri Upacara Penutupan Pendidikan Siswa Dikmaba dan Dikmata Prajurit Karir (PK) TNI AL Angkatan XLI Tahun Anggaran 2021 di Satuan Pendidikan (Sadik-1) Kodiklatal Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Selasa (26/10).

Inspektur upacara dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Yang dihadiri Ketua Umum Jalasenastri Ny Vero Yudo Margono, Pangkogabwilhan I laksdya TNI Muhammad Ali, Kajati Kepri Hari Setiyono, Plt Bupati Bintan Robby Kurniawan, Wakil Walikota H. Endang Abdullah, Anggota DPRD Bobby Jayanto beserta Perwira Tinggi, Menengah TNI AL dan serta Orang Tua Prajurit Karir Muda.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 245 Prajurit Siswa yang terdiri dari Siswa Pendidikan Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) ditutup dan diberikan Sertifikat tanda tamat dengan pangkat Sersan Dua dan Kelasi Dua TNI Angkatan Laut kepada perwakilan siswa Dikmaba dan Dikmata oleh Kepala Staf TNI AL.

Dalam amanatnya, Kepala Staf TNI AL menyampaikan pendidikan Bintara dan Tamtama sebagai pembangunan sumberdaya manusia prajurit matra laut untuk mewujudkan prajurit yang profesional, modern dan tangguh serta menjujung tinggi sapta marga sumpah prajurit dan tri sila Angkatan Laut.

“Jati diri TNI sebagai komponen utama pertahanan negara adalah tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional,” ujar Kasal.

Lebih lanjut, Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan dalam setiap program Pendidikan yang diselenggarakannya Kodiklatal berupaya menghasilkan output prajurit Matra Laut yang memenuhi standar kompetensi, memiliki karakter yang Tangguh dan mental pejuang yang tinggi.

“Sehingga kelak menjadi prajurit Matra Laut yang bermoral, professional, dan berani dalam menjawab setiap tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks dan dinamis,” jelas bintang 4 TNI AL.

Laksmana TNI Yudo Margono juga menambahkan keberhasilan tugas-tugas TNI Angkatan Laut tidak hanya ditentukan oleh kehebatan teknologi Alutsista.

“Tetapi sangat tergantung pada keunggulan dan profesionalisme prajurit Matra Laut sebagai pengawak organisasi,” tambah Kasal.

Kepala Staf TNI AL juga mengingatkan bahwa kedepan tantangan bangsa Indonesia akan semakin besar. Sehingga tugas dan tanggung jawab sabagai prajurit matra laut akan semakin berat.

“Hari ini merupakan keberhasilan pertama kalian dalam menghadapi medan tugas sebagai personel di TNI AL,” pesannya.

Terkahir, Menurut Kasal upacara ini sebagai tanda selesainya pendidikan pertama Bintara dan Tamtama TNI AL angkatan ke-41 tahun 2021. Juga sebagai pengakuan serta penghargaan TNI AL terhadap keberhasilan dalam menjalani pendidikan di Sadik I Kodiklatal Tanjung Uban.

“Atas nama TNI AL, saya mengucapkan sukses atas pelantikan kalian menjadi Bintara dan Tamtama TNI AL dengan pangkat Sersan Dua dan Kelasi Dua,” tutup mantan Pangkogabwilhan I.

(Hum/Budi)

Pos terkait