Menkominfo Imbau Masyarakat Tetap Waspada Lonjakan COVID-19

Keterangan gambar: Petugas Satgassus Penanganan Pemulangan PMI Kepri melakukan pemeriksaan kesehatan test swab Antigen dan PCR pertama di Pelabuhan Internasional Ferry Batam Center, saat tiba di Batam, pada Sabtu (6/11/2021).

METROBATAM.COM, BATAM – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, kasus COVID-19 di Indonesia tetap terkendali dan terus membaik, karena pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang konsisten dan senantiasa dievaluasi pemerintah. 

Menurutnya, data dari WHO Indonesia berada pada level 1 penularan COVID-19, sedangkan menurut Nikkei Indeks pemulihan COVID-19 Indonesia berada diperingkat 41, tertinggi di Asia.

Bacaan Lainnya

“Kasus konfirmasi di Jawa Bali mengalami penurunan hingga 99 persen dari puncak kasus pada 15 Juli yang lalu,” ujar Johnny, Selasa (9/11/2021).

Meski begitu, Menkominfo meminta masyarakat tetap waspada dan belajar dari pengalamannegara-negara di dunia yang mengalami lonjakan kasus akibat lalainya masyarakat menerapkanprotokol kesehatan.

“Meskipun menunjukkan perbaikan, peningkatan kasus masih bisa terjadi,” katanya.

Johnny menyebut, lima provinsi yang menjadi sorotan utama yakni Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur. Di Pulau Jawa-Bali, tren kenaikan kasus terjadi di 43 Kabupaten/Kota dalam 7 hari terakhir.

Menkominfo memastikan, pemerintah bergerak cepat mengidentifikasi dan melakukan intervensidemi menahan tren kenaikan. Serta tetap meminta protokol kesehatan tetap diutamakan di tengah relaksasi berbagai kegiatan.

Masih menurut Johnny, relaksasi PPKM berdampak pada kenaikan mobilitas yang cukup tinggi. Peningkatan ini harus diwaspadai, karena terdapat 34 persen Kab/Kota di Jawa Bali yang mobilitasnya tinggi namun tingkat vaksinasinya belum mencapai target.

Untuk itu, pemerintah daerah diminta berperan aktif dan tegas dalam menindak pelanggaran prokes dan memastikan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di tempat perbelanjaan, restoran,wisata, dan yang lain.

Menkominfo juga mendorong Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) agar bertindak tegas terhadap pelanggaran protokol kesehatan.

“Masyarakat diminta agar tetap waspada dan belajar dari pengalaman negara-negara di Eropa yang mengalami lonjakan kasus akibat lalainya masyarakat menerapkan protokol kesehatan,” tegas Menkominfo.

(infopublik.id)

Pos terkait