Pahlawan Jadi Inspirasi, Tempa Kemampuan dan Pupuk Jiwa Korsa Prajurit Lewat Latihan Kemiliteran Lanud RHF

Keterangan gambar: Danlanud RHF Tanjungpinang, Kolonel Pnb A. Donie P, (kiri) membuka kegiatan Kesamaptaan Jasmani prajurit Lanud RHF Tanjungpinang ditandai dengan mengibarkan bendera di Komplek Angkasa Loka Mako Lanud RHF, Jalan Brigjen Katamso Km 2,5 Tanjungpinang, Kamis (11/11/2021). Foto/Pen Lanud RHF

METROBATAM.COM, TANJUNGPINANG – Memperingati Hari Pahlawan Nasional 2021, Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Raja Haji Fisabilillah (RHF) melaksanakan Ketahanan Mars (Hanmars), Cross Country (Lari Lintas Alam), dan Renang Militer di Komplek Angkasa Loka Markas Komando (Mako) Lanud RHF, Jalan Brigjen Katamso Km 2,5 Tanjungpinang, Kamis (11/11/2021).

Pelaksanaan kegiatan yang mengusung tema “Pahlawanku Inspirasiku”, menjadi pemicu bagi seluruh prajurit Lanud Raja Haji Fisabilillah untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dipimpin dan dibuka langsung oleh Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) RHF Tanjungpinang, Kolonel Penerbang (Pnb) A. Donie P, dengan mengibarkan bendera sebagai tanda telah dimulainya kegiatan tersebut.

Sebelum kegiatan dimulai, Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud RHF Tanjungpinang, Mayor Lek Chechep Indra, menekankan kepada seluruh personel agar melaksanakan kegiatan sesuai kemampuan masing-masing dengan maksimal dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Keterangan gambar: Prajurit Lanud RHF Tanjungpinang melakukan Kesamaptaan Jasmani berjalan kaki dengan menempuh jarak 6 km, Kamis (11/11/2021). Foto/Pen Lanud RHF

Selanjutnya Danlanud RHF resmi membuka jalannya kegiatan Hanmars, Cross Country, dan Renang Militer dengan mengibarkan bendera sebagai tanda telah dimulainya kegiatan tersebut.

Adapun informasi yang diterima, seluruh prajurit Lanud RHF dibagi ke dalam 10 regu, masing-masing regu terdiri enam (6) hingga tujuh (7) anggota. Peserta menempuh jarak 6 sejauh kilometer (km), dengan rute yang dilewati di antaranya Komplek Angkasa Loka (Start) menuju Jalan Ir. Juanda bergerak ke Jalan Ir. Sutami. Sesampainya di Jalan Ir Sutami, peserta kembali melanjutkan ke Jalan Engku Putri untuk selanjutnya bergerak ke Jalan Basuki Rahmat, Ahmad Yani, Sei Jang dan ke Hotel Bali untuk melaksanakan renang militer.

Danlanud RHF, Kolonel Pnb A. Donie P, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk latihan olah keprajuritan dengan cara berjalan kaki untuk menempuh jarak tertentu, berlari dengan membawa senjata melewati berbagai macam kontur medan di rute yang telah ditetapkan serta diakhiri dengan berenang yang dilengkapi helm dan senjata.

Keterangan gambar: Prajurit Lanud RHF Tanjungpinang melakukan lari dengan membawa senjata melewati berbagai macam kontur medan di rute yang telah ditetapkan, Kamis (11/11/2021). Foto/Pen Lanud RHF

“Tujuan dari latihan ini ialah untuk menempa dan memelihara kondisi fisik prajurit serta memupuk jiwa korsa prajurit. Sehingga kesamaptaan jasmani jajarannya akan semakin terjaga, semakin bugar, serta militansi dan kekompakan seluruh prajurit Lanud RHF dapat terpupuk dengan baik,” kata Kolonel Pnb A. Donie.

Diakhir kegiatan, Danlanud RHF Tanjungpinang mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi semangat seluruh prajurit yang telah mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya atas terlaksananya kegiatan ini dengan lancar dan aman. Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional tahun 2021, saya apresiasi semangat seluruh prajurit seperti semangat juang para pahlawan kita terdahulu sesuai dengan temanya yakni “Pahlawanku Inspirasiku”. Tetap jaga kekompakan untuk kita semua,” tutupnya.

(Ilh4m)

Pos terkait