Penemuan 5 Siswi SMA Negeri 1 Tanjungpinang, Raih Juara 2 Ajang WICE di Malaysia

Nur Aisyah, S.Pd Guru Kimia SMA Negeri 1 Tanjungpinang saat menunjukan Piagam dan sertifikat dari ajang WICE

METROBATAM.COM|TANJUNGPINANG – Berkat kerjasama dan kekompakan 5 orang Siswi SMA Negeri 1 Tanjungpinang berhasil meraih juara dua dalam ajang World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2021 di Malaysia.

Kepala SMAN 1 Tanjungpinang, Imam Syafi’i melalui kepala Laboratorium SMA N 1 Tanjungpinang, Nur Aisyah, S.Pd mengatakan bahwa ide mengikuti ajang tersebut adalah inisiatif dari murid SMA 1 mendapatkan informasi bahwa ada perlombaan WICE di Malaysia.

Bacaan Lainnya

“Lomba ini diadakan pada September 2021 lalu yang diikuti 300 peserta dari 29 negara Alhamdulillah kita meraih juara 2. Dapat medali perak dan sertifikat,” ucap Guru Kimia yang akrab disapa Ibu Icha ini saat dijumpai di ruang kerjanya, Rabu(3/11) pagi.

Dalam ajang tersebut Graceela, Sarah, Difa, Athaya, Jolin membuat sabun anti bakteri karena ide tersebut sesuai Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang melanda.

“Kita uji asam, kita uji PH nya kita uji Busanya terus kita persentasikan via zoom kita perlihatkan dengan juri di Malaysia. Alhamdulillah kita berhasil meraih juara II,” ungkap Icha.

Menurutnya pihaknya harus menjalani dua kali uji lab sebelum mempersentasi penemuan sabun ekstrak kulit manggis tersebut.

“Kita pembuatan sabun tersebut sekitar satu bulanlah. Dari awal sampai akhir satu bulan,” ujarnya.

Saat disinggung apakah tentang rencana menjual sabun tersebut apa tidak. Pihaknya masih terkendala soal bahan baku kulit manggis.

“Masalahnya manggis inikan musiman Pak dan kita sudah teliti kulit manggis banyak mengandung anti oksidan. Jadi memang bagus kulit manggis itu untuk kesehatan,” bebernya.

Icha berharap dengan mendali dan sertifikat yang didapatkan kelima murid SMA Negeri 1 Tanjungpinang tersebut dapat menjadi bekal untuk mereka dalam melanjutkan pendidikan ditingkat selanjutnya.

(Budi)

Pos terkait