Rudi Buka FPD Kota Batam Tahun 2024

METROBATAM.COM, BATAM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi membuka langsung Forum Perangkat Daerah Kota Batam Tahun 2024, di lantai IV Kantor Wali Kota Batam, Rabu (28/2/2024).

Forum Perangkat Daerah merupakan forum koordinasi antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil musrenbang Kecamatan dengan Perangkat Daerah, serta menyusun dan menyempurnakan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah.

Dalam kesempatan itu, Muhammad Rudi berpesan kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun stakeholder untuk memiliki komitmen yang sama, integritas, dan perencanaan pembangunan yang jauh ke depan.

“Ini harus diperhatikan, tidak boleh melakukan sepotong- sepotong. Buat perencanaan sesempurna mungkin agar Batam Kota Baru benar-benar terwujud,” tegas Rudi.

Bacaan Lainnya

Rudi mengatakan, forum ini sangat penting untuk mempersiapkan perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2025 mendatang. Karena itu,  Rudi menekankan kepada semua OPD agar mengikuti forum ini dengan baik.

Dirinya juga berpesan kepada semua OPD untuk dapat bekerjasama dalam menyusun perencanan pembangunan. Sehingga apa yang sudah menjadi visi dan misi pembangunan Kota Batam dapat terealiasasi sesuai dengan yang diharapkan.

“Kenapa forum ini sangat penting? Karena kalau masing-masing OPD menyusun sendiri-sendiri pasti tidak akan selaras. Karena itu, butuh kerjasama yang baik. Jangan mementingkan ego sektoral masing- masing,” tegasnya.

Kemudian, Rudi juga menyampaikan alasannya kenapa saat ini pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama. Baik itu menggunakan anggaran APBD Kota Batam maupun anggaran Badan Pengusahaan (BP) Batam.

“Batam tidak punya hasil bumi, maka itu jasalah yang bisa kita tawarkan. Selain itu yang kita dorong juga adalah sektor pariwisata,” kata Rudi.

Itu sebabnya, infrastruktur sangat berkaitan dengan pengembangan sektor industri dan pariwisata. Karena investor dan wisatawan pasti akan betah dan tertarik datang ke Batam jika infrastruktur memadai.

Adapun selain jalan, sejumlah proyek yang sedang dikerjakan saat ini diantaranya adalah bandara Internasional Hang Nadim Batam, yang akan mulai dikerjakan pada bulai Mei 2024 ini. Kemudian pelabuhan Batuampar dan pegembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan di Sekupang.

Tak hanya itu, Muhammad Rudi juga mengatakan akan menyelesaikan jalan Tranbarelang. Hal itu dilakukan agar pengembangan Pulau Rempang segera terwujud dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Saya titip kalau ada informasi- informasi miring untuk diluruskan. Ini harus dilakukan demi kesejahteraan masyarakat Kota Batam yang saya cintai,” tutupnya. (Ek)

Pos terkait