6 Tempat Healing di Batam yang Layak Masuk List Liburan

Keterangan gambar: Penampakan pemandangan Pantai Dangas. /1st

METROBATAM.COM, BATAM – Tingginya intensitas pekerjaan serta padatnya aktivitas harian kerap memicu stres. Untuk meminimalisir bahkan menghilangkan stres, sebagian orang akan mengalihkan pikiran dan tenaga dengan berlibur.

Selama liburan, seseorang dapat melupakan sejenak beban kerja dan tekanan yang mungkin dialami atau istilah kerennya masa kini adalah healing.

Nah, jika sudah pernah berlibur ke beberapa tempat di Pulau Jawa atau Bali, maka kali ini adalah kesempatan bagus untuk mengunjungi Kota Batam yang tak kalah istimewa.

Tepatnya di Sekupang, di sana pelancong dapat menemukan beragam spot wisata alam yang masih terjaga keindahannya.

Bacaan Lainnya

Tak heran, beberapa destinasi wisata alam yang ada di sini kerap dijuluki hidden gem Sekupang.

Berikut ulasannya:

1. Tanjung Dato

Bagi yang ingin menyendiri selagi berkontemplasi, maka duduk dan menikmati hamparan air laut di Tanjung Dato adalah pilihan terbaik.

Meski tidak memiliki pantai, namun ada dua spot di sini yang cocok dijadikan tempat bersantai sambil menikmati pemandangan.

Tak tanggung-tanggung, pemandangan yang bisa disaksikan langsung adalah potret Singapura. Ketika cuaca cerah, gedung-gedung pencakar langit di negeri singa terlihat jelas dari Tanjung Dato. Pemandangan kapal-kapal kontainer yang lalu lalang juga sudah biasa.

Untuk masuk ke sini, hanya perlu mengeluarkan kocek Rp10 ribu dan mendapat sebotol minuman dari petugas tiket.

Pengunjung pun disarankan untuk membawa bekal sendiri karena kafe di Tanjung Dato tidak selalu buka setiap hari.

2. Pantai Marina

Pantai Marina di Sekupang, Batam adalah salah satu pantai yang indah dan menawarkan pasir putih yang lembut serta air laut yang jernih.

Terdapat berbagai fasilitas dan aktivitas rekreasi di pantai ini hingga berbagai restoran dan warung makan di sepanjang pantai yang menyajikan hidangan lokal maupun internasional.

Berwisata seharian ke pantai ini pun tidak akan bosan. Pasalnya ada tempat penyewaan peralatan snorkeling dan diving untuk mengeksplorasi kehidupan bawah laut yang kaya di sekitar pantai. Termasuk juga aktivitas air seperti jet ski, banana boat atau parasailing.

Pantai Marina juga menjadi tempat yang populer untuk menikmati sunset yang spektakuler. Banyak pengunjung yang datang ke pantai ini pada sore hari untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam sambil menikmati suasana tenang pantai.

3. Pantai Dangas

Selain Tanjung Dato, pemandangan Singapura juga bisa disaksikan dari Pantai Dangas. Jika umumnya pantai terasa terik, maka Pantai Dangas justru terasa sejuk dan teduh karena dikelilingi oleh deretan pepohonan rindang di sepanjang pantai.

Dari Pantai Dangas, pelancong hanya tinggal berjalan kaki selama 5 menit untuk sampai di Vila Harimau.

Vila ini memiliki 5 kamar tidur mewah berukuran luas, sehingga di setiap kamar bisa mengakomodir hingga enam orang sekaligus. Harga menginap per malamnya hanya Rp2-3 jutaan.

Sangat terjangkau kan untuk menginap bersama keluarga besar. Selain arsitektur dan interior yang mewah, Vila Harimau dilengkapi infinity pool yang langsung menghadap ke laut, di mana pada ujung laut akan nampak Marina Bay Sands Singapore.

Pada waktu senja, bersantai di tepi kolam renang dan menyaksikan terbenamnya matahari dapat menjadi pengalaman tak terlupakan.

4. Tiban Waterfall

Menyukai tantangan dan aktivitas fisik, maka saat ke Sekupang, hidden gem yang wajib dikunjungi adalah Tiban Waterfall.

Air terjun ini punya pemandangan memukau, yang tentu saja memiliki suasana tenang dan udara sejuk.

Untuk sampai di Tiban Waterfall, pelancong dapat berjalan kaki alias trekking selama kurang lebih 20 menit.

5. Ikon Wisata Baru: Taman Rusa Sekupang

Sesuai namanya, Taman Rusa Sekupang terletak di kawasan Sekupang yang jaraknya hanya 10 menit dari proyek resort city development yakni Serenity Central City.

Untuk diketahui, Serenity Central City mempunyai konsep villa dan resort dengan desain unik yang dibangun dengan mengakomodir kebutuhan lifestyle, leisure, dan business yang berpadu dengan alam.

Tak hanya unggul dari sisi konsep, Serenity Central City juga sangat prospektif mengingat lokasinya yang berada di Sekupang.

Dari sejumlah kawasan di Batam, Sekupang merupakan salah satu kontributor pariwisata kota.

Kawasan ini tengah populer di kalangan wisatawan domestik dan internasional, pasalnya menghadirkan beragam pemandangan alam, perbukitan, pantai, lembah, teluk dan hutan.

Nah, soal Taman Rusa Sekupang, destinasi wisata ini terkenal karena memiliki populasi rusa yang cukup besar.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil memberi makan rusa, berfoto dengan latar belakang alam, atau sekadar berjalan-jalan santai.

Menariknya lagi, di sini terdapat taman edukasi agar pengunjung dapat mempelajari budidaya tanaman dengan sistem hidroponik, cara membuat pupuk kompos, hingga sistem daur ulang air dan listrik menggunakan tenaga surya.

6. Wisata Hutan Telaga Biru

Spot wisata hidden gem Sekupang yang terakhir ada Telaga Biru. Tempat ini dikenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan dan suasana yang tenang, meskipun berada di tengah-tengah kota Batam yang sibuk.

Telaga Biru berada di dalam hutan seluas sekitar 59,37 hektar, yang menjadikannya sebagai oasis hijau yang menawan di tengah perkotaan yang padat.

Sesuai namanya, warna air di Telaga Biru sangat cerah dan jernih, sehingga memberikan kesan biru yang indah ketika terkena sinar matahari.

Telaga ini dikelilingi oleh tiga telaga kecil yang berjejer secara berurutan, yang akhirnya membentuk Sungai Ladi yang mengalir melalui hutan ini.

Asal tahu saja, Telaga Biru memiliki peran penting sebagai sumber air untuk kota Batam. Air dari Sungai Ladi yang mengalir dari Telaga Biru digunakan sebagai salah satu sumber air untuk memenuhi kebutuhan air kota. (Ilh4m /*)

Pos terkait