Rudi Buka Secara Resmi Batam Wonderfood and Art Ramadhan 2024 di Taman Dang Anom

METROBATAM.COM, BATAM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, membuka secara resmi , Batam Centre, Sabtu (9/3/2024). Event tahunan ini dilaksanakan hingga 30 Maret 2024.

Pembukaan Batam Wonderfood and Art Ramadhan 2024 dihadiri langsung Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu.

“Batam terus komitmen membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Sejumlah event akan digler, salah satunya Batam Wonderfood and Art Ramadhan 2024,” kata Rudi.

Selain melalui event, Batam juga terus mempercantik kota dengan membangun sejumlah infrastruktur Batam mulai dari bandara, pelabuhan, jalan protokol, hingga proyek strategis nasional Pulau Rempang.

Bacaan Lainnya

“Di sektor pariwisata, Batam sudah membuka sejumlah penerbangan internasional untuk memudahkan akses bagi wisatawan,” katanya.

Dengan kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif ini, ekonomi Batam terus melejit dan diharapkan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

“Ekonomi Batam saat ini tumbuh 7,04 persen dan diharapkan terus meningkat,” katanya.

Sementara itu, Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf RI, Vinsensius Jemadu, mengapresiasi Wali Kota Batam yang terus berkomitmen memajukan pariwisata.

“Event ini juga sudah masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024. Ini capaian luar biasa, bahkan ada dua event dari Batam yang masuk,” katanya.

Bahkan, event tersebut menjadi sorotan langsung Menparekraf Sandiaga Uno mengingat event tersebut memiliki karakter dan menarik bagi wisatawan.

“Semoga event ini terus berkualitas, dalam artian memberikan dampak ekonomi pada masyarakat, sosial budaya, dampak berkelanjutan lingkungan. Event ini sudah dilaksanakan selama 5 tahun, ini prestasi luar biasa,” katanya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi Batam yang sudah membuka penerbangan internasional hingga sukses meningkatkan ekonomi Batam hingga mencapai 7,04 persen.

“Ke depan, kami harapkan Batam bisa mencapai target kunjungan wisman sebanyak 2 juta kunjungan atau 75 persen dari target kunjungan ke Kepri sebesar 3 juta,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam, Ardiwinata, melaporkan bahwa Batam Wonderfood & Art Ramadhan tahun ini merupakan yang ke-5. Suksesnya acara tersebut, kata dia, merupakan perintah Wali Kota Batam.

“Untuk tahun ini, digelar di tiga titik. Lokasi utama di Taman Dang Anom, Pollux Habibie, dan Pelataran Pacific Palace Hotel,” katanya.

Ia melanjutkan, untuk tahun ini, total lebih 160 tenant yang berpartisipasi dalam Batam Wonderfood & Art Ramadhan. Ia mengatakan, event yang memadukan aneka sajian kuliner, berbagai perlombaan dan atraksi tersebut, merupakan acara tahunan untuk membangkitkan semangat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Batam.

“Batam Wonderfood & Art Ramadhan tahun ini mendapat dukungan dari Kemenpar RI karena event ini sebagai salah satu event unggulan yang terpilih masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024,” katanya.

Masih tetap dengan mengusung tema lama “Jom Balek Kampong,” Batam Wonderfood and Art Ramadhan akan digelar selama kurang lebih satu bulan sepanjang Ramadan.

“Batam Wonderfood and Art Ramadhan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Kota Batam serta memberikan kesempatan para UMKM Kota Batam menjajakan produknya khusunya kuliner,” sebut Ardi di ruang kerjanya.

Tak hanya menawarkan pilihan ragam kuliner khas Melayu hingga kekinian, pengunjung Batam Wonderfood and Art Ramadhan #05 juga akan disuguhi dengan berbagai atraksi bernuansa islami dan lomba yang menarik setiap harinya.

“Di antaranya Pekan Ramadan Batam International Islamic Expo; Khataman Alquran; Musik Religi; Tarian; Mendongeng; Traktir Sahabat Yatim; Membatik; dan PKK Got Talent,” tambah Ardi lagi.

Event Batam Wonderfood and Art Ramadhan #05 ini juga sebagai upaya mendukung program Visit Batam Indonesia 2024 (VBI 2024) agar dapat mencapai target jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batam. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menargetkan jumlah angka kunjungan wisatawan sebanyak 2 juta kunjungan pada tahun 2024 ini.

“Selain itu, event ini diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi pilihan selama liburan di Batam pada bulan Ramadan. Perputaran ekonomi juga lebih meningkat melalui kegiatan ini,” imbuhnya.

Bagi pengunjung Batam Wonderfood & Art Ramadhan yang ingin menunaikan ibadah salat Maghrib, Isya dan tarawih, panitia juga telah menyiapkan musala dan sarana air bersih untuk berwudu di lokasi.

“Ayo, masyarakat Batam sekitarnya, ajak keluarga, teman dan rekan kerja berbuka puasa di Taman Dang Anom. Banyak pilihan menu kuliner untuk berbuka, tempatnya juga dilengkapi spot-spot foto yang menarik untuk diabadikan sambil disuguhi atraksi menarik dan ibadah pun tidak terganggu,” tutupnya. (mcb)

Pos terkait