TMMD Sengkuyung Resmi Ditutup, Warga Sinduaji Pandanarum Nikmati Hasil Pembangunan

METROBATAM.COM, BANJARNEGARA – Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH, bersama Dandim 0704/Banjarnegara, Letkol Czi Teguh Prasetyo secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I tahun 2024 di Desa Sinduaji, Kecamatan Pandanarum, Rabu (20/3/2024).

Penutupan berlangsung di halaman kantor Kecamatan Pandanarum. Penutupan TMMD ditandai dengan penyerahan hasil program kerja TMMD dan penandatanganan prasasti. Usai upacara dilanjutkan peninjauan lokasi di Desa Sinduaji. Dalam tinjauan tersebut rombongan menggunakan motor trail.

Dandim 0704/Banjarnegara, Letkol Czi Teguh Prasetyo, menjelaskan, tahun 2024 ini, kegiatan TMMD di Desa Sinduaji Pandanarum, berupa pembangunan sarana dan prasarana air bersih berupa pipanisasi sepanjang 16.300 meter, bak pengumpul mata air 1 unit, bak penampung mata air 2 unit, bak bagi atau torn 13 buah. Selain itu juga dibangun pos kamling, donor darah dan pelayanan KB kesehatan.

“Sarana air bersih yang baru kita resmikan ini bisa langsung dinikmati masyarakat. Kami berharap dapat meningkatkan kebutuhan dasar masyarakat Desa Sinduaji berupa air bersih, dimana warga Sinduaji pada musim kemarau selalu kesulitan air bersih,” katanya.

Bacaan Lainnya

Menurut Dandim, dengan adanya program TMMD berupa pembangunan sarana prasarana air bersih dapat pula mendukung peningkatan kegiatan pertanian dan perkebunan masyarakat setempat, yang nantinya juga berdampak meningkatnya perekonomian serta derajat kesehatan masyarakat.

Sementara itu Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto SH, mengatakan TMMD merupakan wujud sinergitas TNI, Polri dan Pemerintah Daerah dengan melibatkan masyarakat untuk bergotong royong membangun desa. Kegiatan TMMD merupakan upaya bersama untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai permasalahan masyarakat.

“TMMD merupakan keterpaduan antara TNI bersama rakyat dalam upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah pedesaan serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Camat Pandanarum, Sagiyo, SIP menyampaikan terima kasih dengan adanya kegiatan TMMD di wilayahnya. Menurutnya, TMMD Selain memberikan manfaat bagi desa Sinduaji dan sekitarnya. Kegiatan TMMD mampu mendorong pemberdayaan masyarakat dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan di pedesaan dengan bergotong royong.

“Terima kasih kepada TNI, Polri, Pemda dan masyarakat. Kegiatan TMMD mampu mendorong gairah pembangunan di wilayah kami. Terutama dengan dibangunnya sarana air bersih, dan beberapa infrastruktur desa yang sangat penting yang kini bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sinduaji,” ucapnya.

Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2024 di Desa Sinduaji berlangsung selama 30 hari, sejak 20 Februari 2024 hingga 20 Maret 2024. Selain kegiatan fisik, juga ada kegiatan non fisik berupa penyuluhan dari Dinsos PPPA, DPKLH dan BPBD Banjarnegara. (Arf)

Pos terkait