Gempa Hualien Goyang Taipei, Bangunan sampai Runtuh

Penampakan gedung runtuh akibat gempa dahsyat berkekuatan magnitudo 7,5 magnitudo yang menerjang Taiwan pada Rabu (3/4/2024) pagi. Dilaporkan memicu banyak gedung dan bangunan runtuh. (Foto: AP)

METROBATAM.COM, TAIWAN – Gempa berkekuatan 7,5 SR mengguncang kota Hualien Taiwan pada pagi hari ini, Rabu (3/4/2024), pukul 07:58 waktu setempat. Gempa ini juga terasa di Taipei, meskipun tidak sekuat di Hualien.

“Untuk di Taipei gempanya itu tidak seperti biasanya. Kalau misalkan beberapa kali gempa di Taipei goyangannya tidak sekuat itu, ternyata besar sekali,” kata seorang Mahasiswa S3 di Taipei, Rakha Ramadhan dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Rabu (3/4/2024).

Rakha menjelaskan, akibat gempa, beberapa bangunan di Taipei mengalami kerusakan. Selain itu, ada juga laporan runtuhan bangunan di Hualien.

“Untuk taipei memang ada runtuhan bangunan, namun tidak sepenuhnya. Lalu kalau di Hualien sampai ada longsor dan hancur bangunan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Rakha mengatakan, Pemerintah Taiwan telah melakukan evakuasi kepada warganya. Terumata warga di Hualien yang tinggal di daerah terdampak gempa.

“Untuk di wilayah Hualien adalah evakuasi dari otoritas setempat dibantu. Mereka meminta warga keluar dan mengamankan dan beberapa bangunan ada police line warna kuning,” ucapnya. (*)

Pos terkait