Kopi Indonesia Raup Transaksi USD35 Juta di Ajang Kopi Amerika

Metrobatam.com, Atalanta: Memasuki hari terakhir di arena Specialty Coffee Association of America (SCAA) Expo 2016 di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (AS), transaksi kopi Indonesia sukses membukukan transaksi hingga mencapai USD35 juta untuk 392 kontainer. Nilai tersebut merupakan total transaksi yang diperoleh dari transaksi di arena pameran, MoU, dan hasil lelang.

Indonesia melakukan lelang kopi secara langsung di Paviliun Indonesia. Kegiatan lelang ini menyedot perhatian dari berbagai pelaku industri kopi di AS seperti importir, roasters, barista, media, dan komunitas specialty coffee lainnya.

Read More

“Lelang kopi di SCAA Expo merupakan yang pertama kali kita lakukan dan kita patut bangga atas prestasi yang berhasil dicatatkan di sini,” ujar Atase Perdagangan Washington DC, Reza Pahlevi Chairul, dalam keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Dia menyatakan, untuk lelang kopi sendiri berhasil membukukan transaksi sebesar USD11.900 atau berkisar Rp160 juta. “Sebanyak 17 kopi pilihan yang dilelang habis terjual hanya dalam waktu tiga jam,” tambah Reza.

Menurutnya, kopi terbaik yang berhasil dijual dalam lelang adalah kopi dari Gunung Puntang, Jawa Barat. Lelang kopi ini dimenangkan oleh Phil Goodlayson dari Corvus Coffee, Denver, dengan harga jual tertinggi USD55/kg atau berkisar Rp750 ribu/kg.

Proses lelang berlangsungĀ  sangat intens. Acara lelang didahului kegiatan coffee cupping agar para peserta dapat mengetahui cita rasa dan karakteristik masing-masing kopi. Lelang dipandu Rocky Rhodes, seorang auctioneer profesional kopi yang cukup terkenal di kalangan komunitas specialty coffee dunia.

Tujuh belas specialty coffee yang dilelang adalah Gunung Puntang, Mekar Wangi, Manggarai, Malabar Honey, Atu Lintang, Toraja Sapan, Bluemoon Organic, Gayo Organic, Java Cibeber.

“Kemudian ada Kopi Catur Washed, West Java Pasundan Honey, Arabica Toraja, Flores Golewa, Redelong, Preanger Weninggalih, Flores Ende, serta Java Temanggung,” pungkas Reza.
(AHL)

sumber metrotvnews.com

 

Related posts