Dinkes Kabupaten Kepulauan Anambas Usulan RSUD ke Kementerian

  • Whatsapp
banner 468x60

Metrobatam.com, Anambas – Dinas Kesehatan (Dinkes) sedang menyiapkan rencana pengajuan usulan ke Kementerian   Penetapan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Plt Kepala Dinas Kesehatan,  Drs Zuhkrin mengatakan,  pihaknya mengusulkan tiga rumah sakit diantaranya Rumah Sakit Bergerak Jemaja, Rumah Sakit Lapangan Palmatak dan Rumah Sakit Tarempa.

Bacaan Lainnya

“Saat ini kita sedang menyiapkan persyaratan kelengkapan ketiga rumah sakit tersebut,” kata Zuhkrin, Selasa (17/5).

Rumah sakit manapun yang ditetapkan ungkap Zuhkrin tergantung dari kementerian yang mana rumah sakit memenuhi syarat. Bukan hanya itu saja Zuhkrin yang baru saja menjabat beberapa hari di dinas keramat tersebut sedang mengupayakan Puskesmas disetiap kecamatan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Kita ingin menjadikan pelayanan kesehatan di daerah ini ada perubahan dan langsung menyentuh masyarakat,” tegasnya.

Lebih jauh pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) itu, menjelaskan,  bahwa apa yang dilaksanakan oleh pihaknya merupakan kebijakan yang sejalan dengan kebijakan kepala Daerah dan masuk dalam  visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Abdul Haris,SH-Wan Zuhendra.

“Ini merupakan kebijakan jangka menengah dan panjang yang menjadi agenda wajib yang mesti diselesaikan,” paparnya.

Zuhkrin mengakui kalau saat ini pihaknya benar-benar mesti kerja keras menyelesaikan beberapa persoalan kesehatan. Namun beberapa kebijakan jangka pendek baru dapat diselesaikan salah satunya menyelesaikan persoalan BBM untuk pelayanan  Rumah sakit dan listrik.

“Insya Allah untuk listrik dan BBM sudah aman dan tidak masalah lagi, Ambulance rumah sakit dapat beroperasi dengan optimal dalam melayani pasien,” jelasnya.

Upaya pemerintah tambah Zuhkrin,   agar masyarakat yang sakit dapat dilayani dengan baik, apalagi pihaknya menargetkan pelayan tersebut dapat dilakukan di Rumah sakit yang ada didaerah ini.

“Yang menjadi keluhan masyarakat saat ini adalah rata-rata pasien yang datang asal sakit parah sedikit pasti dirujuk, sedangkan saat ini  transportasi sulit tentunya akan memberatkan masyarakat, beban semacam ini akan diupayakan dikurangi agar masyarakat dapat merasakan pelayanan kesehatan secara maksimal,” pungkasnya.

(Mb/Haluankepri)

  • Whatsapp

Pos terkait