Pemkab Karimun Renovasi Pelabuhan Sri Tanjung Gelam

  • Whatsapp
banner 468x60

Metrobatam.com, Karimun – Badan Usaha Pelabuhan (BUP) milik Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, merenovasi Pelabuhan Sri Tanjung Gelam untuk meningkatkan pelayanan jelang musim mudik Lebaran 2016.

“Yang kita renovasi ponton tempat merapat dan sandar kapal, baik ponton untuk kedatangan maupun keberangkatan. Saat ini, renovasi itu sedang dikerjakan,” kata Direktur Utama PT Karya Karimun Mandiri selaku BUP milik Pemkab Karimun, Indrawan Susanto di Tanjung Balai Karimun, Senin.

Bacaan Lainnya

Selain ponton, kata Indrawan, pembenahan juga dilakukan di beberapa sarana prasarana lain, seperti ruang tunggu dengan memperbaiki atau mengganti kursi yang rusak. Bangunan terminal penumpang, kata dia lagi, juga dicat dan diperindah agar kelihatan rapi dan enak dipandang mata.

Renovasi tersebut, menurut dia, diharapkan sudah selesai sebelum bulan puasa.

Perbaikan pelabuhan antarpulau dalam kabupaten tersebut, menurut dia, dilakukan saat aktivitas turun naik penumpang sedang sepi.

“Renovasi dilakukan pada sore hari sampai malam,” ucapnya.

Dia mengharapkan perbaikan pelabuhan yang berlokasi di Jalan Nusantara Tanjung Balai Karimun, memberikan kenyamanan bagi para penumpang.

“Kami tidak hanya ingin mendatangkan pendapatan yang tinggi, tapi juga ingin memberikan pelayanan yang baik kepada penumpang,” ujarnya.

Dia juga mengatakan akan menata gerai-gerai makanan dan minuman yang berjejer di kiri kanan koridor penumpang menuju ponton, agar terlihat lebih rapi.

Gerai-gerai tersebut, lanjutnya, merupakan sumber penghasilan tambahan bagi perusahaan. Gerai atau kedai-kedai tersebut, menurut dia, tidak hanya tempat penumpang untuk minum kopi atau makan, tapi juga dikunjungi warga setempat.

“Pemandangan laut dari gerai itu menjadi daya tarik bagi warga untuk sekadar datang sambil menikmati makanan atau minuman,” ucapnya.

Pelabuhan Sri Tanjung Gelam, dulu bernama Pelabuhan KPK, merupakan pelabuhan antarpulau dalam kabupaten milik Pemkab Karimun, dan dikelola PT KKM selaku BUP.

Pelabuhan tersebut melayani sejumlah trayek ke sejumlah pulau, seperti Selat Beliah Kecamatan Kundur Barat, Buru Kecamatan Buru, Tanjung Berlian Kundur Utara, Belat Kecamatan Belat, Moro, Durai dan sejumlah pulau lainnya.

Selain pelabuhan itu, PT KKM juga mengelola Pelabuhan Kargo dan Roro Parit Rempak di Meral, Pelabuhan Tanjung Berlian dan Pelabuhan Kargo Hang Lukut Moro. (Mb/Antara)

  • Whatsapp

Pos terkait