oleh

Pemkab Karimun Tunggu Laporan Hasil Pemenang 29 Pilkades

Metrobatam.com, Karimun – Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, masih menunggu laporan pemenang 29 pemilihan kepala desa yang dilaksanakan pekan lalu.

“Kami belum bisa menyebutkan siapa pemenang pilkades di 29 desa. Laporan rekapitulasi perolehan suara masih kami tunggu dari panitia pilkades di masing-masing desa,” kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Karimun Dwiyandri Kurniawan di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Dwiyandri mengatakan, pemungutan suara secara serentak di 29 desa yang menyelenggarakan pilkades dilaksanakan pada 3 Mei 2016. Panitia pemilihan di masing-masing desa masih merampungkan rekapitulasi perolehan suara masing-masing calon.

Dia berharap seluruh desa telah menyerahkan hasil perolehan suara tersebut sehingga pihaknya bisa menyiapkan proses pelantikan kepada para calon yang memenangi pilkades di desanya.

Dia mengingatkan kepada setiap panitia pilkades melengkapi hasil rekapitulasi perolehan suara dengan dokumen dan bukti-bukti pendukung sehingga memiliki legalitas secara hukum.

Namun demikian, menurut Dwiyandri, pelantikan bagi para pemenang pilkades, belum dapat dilakukan sebelum adanya putusan hukum terhadap pilkades bermasalah.

Berdasarkan informasi yang dia terima, dari 29 pilkades, dua di antaranya diwarnai gugatan dari para calon yang menganggap pelaksanaan pemungutan suara tidak sah karena adanya dugaan politik uang.

“Dua pilkades yang bermasalah itu adalah Pilkades Buluhpatah, Kecamatan Moro dan Pilkades Tebias, Kecamatan Belat. Ada calon yang mengajukan sengketa pilkades di dua pilkades itu,” kata dia.

Menurut dia, calon yang mengajukan gugatan sengketa pilkades di dua desa itu, agar melengkapi bukti-buktinya adanya pelanggaran dalam tahapan pemungutan suara.

“Kita persilakan mengajukan gugatan, tapi tentu lengkapi bukti-buktinya,” kata Dwiyandri Kurniawan. (Mb/Antara)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed