Tidak Ada Pemadaman Bergilir, Bupati Karimun Puji PLN

Bupati Karimun Aunur Rafiq

Metrobatam.com, Karimun – Bupati Karimun, Kepulauan Riau, Aunur Rafiq memuji PLN yang menepati janji terus mengalirkan ke pelanggan tanpa jeda pemadaman bergilir pada bulan Ramadhan 1437 Hijriah.

“PLN menepati janji tidak akan ada pemadaman listrik selama bulan Puasa. Pemadaman bergilir kini tidak terjadi, karena sejak Senin ada satu mesin baru di PLTD,” kata dia di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Bacaan Lainnya

Aunur Rafiq mengatakan, sebelum Ramadhan telah meminta dan mengingatkan PLN agar segera mengatasi pemadaman listrik bergilir  di Pulau Karimun Besar.

Pemadaman bergilir biasanya disebabkan ada kerusakan mesin pembangkit tenaga diesel dan ada pula yang memasuki masa perawatan perbaikan berat atau turun mesin.

“Waktu itu, pihak PLN menjanjikan akan ada penambahan beberapa¬† mesin baru untuk mengatasi defisit daya. Alhamdulillah, daya terpasang di PLN sekitar 28 megawatt, ada surplus daya,” kata dia.

Meski surplus daya, dia mengimbau warga masyarakat agar tetap berhemat menggunakan energi listrik sehingga daya yang tersedia dapat mencukupi kebutuhan seluruh pelanggan.

“Hemat listrik juga hemat biaya. Jadi, jangan sesukanya menyalakan lampu kalau tidak perlu,” ucapnya.

Secara terpisah, Kepala PT PLN Rayon Tanjung Balai Karimun Dedi Januar menjelaskan bahwa pihaknya mendapat tambahan dua mesin pembangkit diesel dengan total daya 7 MW.

Dengan dua mesin tambahan tersebut, kata Dedi Januar, total daya yang dihasilkan dari seluruh mesin pembangkit diesel di Gardu PLTD Bukit Carok sekitar 28,5 MW.

Sementara, kata dia, kebutuhan daya saat beban puncak sekitar 25 MW sehingga terjadi surplus daya sekitar 3 MW.

“Pemadaman bergilir dapat teratasi, kecuali pemadaman mendadak akibat faktor alam yang terjadi tanpa diduga,” ucapnya.

 

(Mb/Antara)

Pos terkait