oleh

Nurdin Basirun Ajukan Sejumlah Pulau Masuk KEK

Metrobatam.com, Batam –¬†Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengajukan sejumlah pulau di Kabupaten Bintan dan Karimun masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus, seperti yang diterapkan di Batam.

“Kami sudah ajukan beberapa pulau untuk menjadi daerah kawasan khusus,” kata Gubernur di Batam, Kepri, Kamis.

Pulau-pulau yang sudah diajukan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus antara lain Pulau Parit, Pulau Kundur dan Pulau Asam di Kabupaten Karimun.

Usulan itu sudah disampaikan secara lisan kepada Ketua Dewan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam, Bintan dan Karimun, Darmin Nasution.

Pemprov Kepri juga sudah mengirimkan surat resmi permohonan penambahan wilayah KEK kepada pemerintah pusat.

Gubernur memastikan pemerintah daerah sudah mengkaji potensi ekonomi dari daerah-daerah yang diajukan masuk dalam KEK itu.

Selain keunggulan lokasi yang strategis di perbatasan, dekat dengan Selat Malaka, pulau-pulau itu juga memiliki nilai ekonomis lainnya.

“Yang kami usulkan tentu ada indikatornya, tidak sembarangan, yang tidak menarik investasi, kami tidak mau mengecewakan pemerintah,” jelasnya.

Ia mengatakan pemilihan pulau untuk masuk KEK juga dilakukan secara objektif.

“Banyak di Karimun bukan karena saya dari Karimun, tapi memang didukung letak strategis,” kata pria yang sebelumnya menjabat Bupati Karimun itu.

Menurut dia, penambahan wilayah KEK itu dibutuhkan, karena yang ada saat ini masih dirasakan kurang untuk menampung kebutuhan industri.

Di samping itu, Pemprov Kepri juga mengusulkan agar Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas yang kini berlaku di Pulau Karimun dan Pulau Bintan, dirubah menjadi KEK, sama seperti Batam.

Mb/Antara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed