Bandung Masuk Daftar 10 Kota “Halal Friendly” di Dunia

Metrobatam, Bandung – Situs wisata halal Halaltrip.com menyebut Kota Bandung menjadi salah satu kota tujuan wisata yang ramah terhadap para pencari produk halal.

Dalam situs itu, Bandung menempati peringkat enam di bawah kota-kota besar dunia seperti Doha, Istanbul, Marrakesh, dan Kuala Lumpur.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menilai, dengan mayoritas penduduknya memeluk Islam sudah wajar Bandung menjadi kota yang ramah dengan produk halal.

“Sudah sewajarnya namanya juga kota mayoritas penduduk muslim,” kata Emil, sapaan akrabnya, di Bandung, Sabtu (1/10).

Namun, lanjut Emil, harus diluruskan bahwa halal friendly city bukan berarti Bandung adalah kota halal.

“Jadi Bandung masuk 10 besar kota dunia yang halal friendly city, bukan kota halal. Karena kalau definisi kota halal diasumsikan yang tidak halal tidak boleh, karena demografi bandung tidak semua umat Islam,” tuturnya.

“Halal friendly city artinya orang yang mencari halal food dan halal facilities mudah dan kegiatannya banyak sekali di sini,” tambahnya.

Meski bukan prestasi yang populer, Bandung patut berbangga lantaran satu-satunya kota di Indonesia masuk daftar sebagai kota ramah produk halal.

“Tapi kita satu-satunya kota di Indonesia yang masuk halal friendly city, yang menarik ini kebanyakan kota di barat ada di Berlin, Cape Town, Singapura, kita ranking ke enam,” jelasnya.(mb/kompas)

Pos terkait