Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,5% di 2018

Metrobatam, Jakarta – Bank Dunia baru saja merilis laporan data proyeksi pertumbuhan ekonomi kasawan Asia Timur dan Pasifik. Dalam laporannya, ekonomi Indonesia disebut masih mengalami pertumbuhan cukup positif hingga tahun 2018.

Menurut Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik, Sudhir Shetty, beberapa negara berkembang di Asia Tenggara akan akan tumbuh positif di kisaran 5-6% pada tahun 2018 nanti.

Read More

“Di Indonesia, pertumbuhan akan naik secara stabil, dari 4,8% pada tahun 2015 menjadi 5,5% di tahun 2018 tergantung ada tidaknya kenaikan investasi publik dan suksesnya perbaikan iklim investasi serta kenaikan penerimaan,” kata Shudir dalam video teleconference di kantor perwakilan Bank Dunia, SCBD, Jakarta, Rabu (5/10).

Prospek pertumbuhan tertinggi pada tahun 2017, sambungnya, akan dinikmati oleh Filipina dengan laju 6,4%. Sementara Vietnam tahun ini akan sedikit melambat karena kekeringan, tapi akan kembali pulih di kisaran 6,3% pada 2017.

“Di Malaysia, pertumbuhan akan jatuh secara tajam ke 4,2% di tahun 2016 dari 5% tahun lalu, disebabkan permintaan global yang melemah terhadap minyak dan produksi ekspor,” jelas Shudir. (mb/detik)

Related posts