Darmin: Persoalan Pajak Google Diselesaikan dengan Negosiasi

Metrobatam, Jakarta – Menko Perekonomian Darmin Nasution menilai persoalan pajak dari Google Asia Pacific Pte Ltd harus diselesaikan dengan negosiasi. Ini dikarenakan belum ada skema pengenaan pajak yang jelas untuk perusahaan seperti Google.

Demikianlah disampaikan Darmin usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (19/1). “Itu persoalan pajak seperti Google itu adalah sesuatu yang belum settle benar modelnya. Termasuk di negara lain, oleh karena itu pasti harus ada dialog, negosiasi,” ujarnya.

Read More

Menurut Darmin, proses itu sebenarnya sudah berjalan. Namun memang harus dimaklumi butuh waktu yang cukup panjang sampai akhirnya melahirkan sebuah keputusan.

“Ya tentu itu akan ditentukan oleh seberapa solid masing-masing bernegosiasi. Dan itu tidak mesti negosiasi selesai. Itu bisa belum putus,” jelasnya.

Persoalan dengan Google sebenarnya dialami banyak negara, bukan hanya Indonesia. Negara yang sukses, adalah yang mampu menempuh proses negosiasi dengan baik. Baru kemudian disesuaikan dengan aturan.

“Intinya adalah karena modelnya belum settle, model pemajakannya, di Prancis lain, di ini lain, di situ lain, itu perlu negosiasi,” tegas Darmin. (mb/detik)

Related posts