Sri Mulyani: Hindari Pajak, Orang Indonesia Banyak ke Caymand Island

Metrobatam, Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyadari banyak orang Indonesia yang membawa kabur dananya ke luar negeri agar terhindar dari pajak. Caymand Island dan Panama menjadi dua wilayah yang menjadi idola orang kaya Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Sri Mulyani, dalam peluncuran laporan ketimpangan oleh Oxfam di Indonesia (Oxfam) dan International NGO Forum on Indonesia Development (lNFlD) di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (23/2).

Read More

“Saat ini dunia bisa menyembunyikan income secara mudah. Tinggal naik pesawat, buka akun di tax heaven dan buka rekening ke sana. Orang Indonesia banyak yang ke Cayman Island, atau Panama, atau yang lain,” paparnya.

Sri Mulyani sempat kewalahan mengejar pajak orang Indonesia. Bahkan ketika menjabat Menkeu pada pemerintahan sebelumnya, Sri Mulyani membeberkan kekesalannya terhadap negara yang menampung dana orang Indonesia.

“Pada 10 tahun lalu saat saya jadi Menkeu, kalau saya datang ke forum Internasional, saya bilang hey you know guys aku lagi ingin bereskan tax payer bandel, namun sayang banyak wajib pajak Indonesia simpan di tempat kalian,” terang Sri Mulyani.

Ini bukan hanya masalah Indonesia, akan tetapi banyak negara lain seperti Amerika Serikat (AS) dan Inggris. “Even negara powerfull seperti Inggris, AS, mereka tahu bahwa tax payer-nya bisa pindah saja,” ujarnya.

Kondisi tersebut yang menjadi landasan pemerintah kemudian memberlakukan pengampunan pajak atau tax amnesty. Tujuannya agar uang yang selama ini disimpan di negara lain itu bisa kembali pulang ke Indonesia. (mb/cnn indonesia)

Related posts