oleh

Inilah 5 Jenis Makanan Enak dari Daun Kelor, Tumis Hingga Puding

Metrobatam, Jakarta – Daun kelor sering dikaitkan dengan berbagai mitos dan hal mistis. Padahal daun kelor memiliki banyak manfaat dan bisa diolah jadi berbagai makanan enak.

Banyak orang menganggap daun kelor identik dengan hal mistis karena disebut-sebut sebagai peluntur susuk. Mitos ini berkembang tanpa adanya bukti akurat. Daripada terbawa mitos tak benar, lebih baik menyantap daun kelor sebagai makanan enak.

Daun kelor yang memiliki nama latin moringa oleifera ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam daun kelor terkandung vitamin C, Kalsium, vitamin A hingga potassium. WHO bahkan menyebut daun kelor sebagai tumbuhan ajaib karena kandungan nutrisinya yang sangat tinggi.

Tradisi pengobatan tradisional di India bahkan menyebut daun kelor sebagai obat dari 300 jenis penyakit. Daun kelor juga memiliki rasa yang enak dan bisa diolah jadi berbagai hidangan yang mudah diolah.

Masih bingung cara menyantap daun kelor? Berikut beberapa hidangan yang bisa diolah menggunakan daun kelor.

1. Sayur bening daun kelor

Bukan hanya bayam dan katuk saja yang enak diolah jadi sayur bening. Daun kelor juga bisa jadi hidangan enak dan segar saat dijadikan sayur bening.

Bening daun kelor termasuk resep yang paling mudah dibuat. Anda hanya perlu menyiapkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, temu kunci dan garam. Tambahkan jagung manis untuk mendapatkan sayur bening daun kelor yang lebih enak.

Daun kelor memiliki rasa alami sedikit pahit, untuk menyiasatinya cukup rebus sebentar daun kelor sebelum dimasukkan dalam kuah sayur bening. Gunakan juga daun kelor yang masih muda agar teksturnya masih empuk.

2. Tumis daun kelor

Olahan daun kelor yang tak kalah praktis yakni ditumis. Sebelum dimasak, daun kelor harus dipetik lebih dulu agar batangnya tidak mengganggu saat disantap.

Untuk membuat tumis daun kelor, cukup siapkan bawang merah, bawang putih dan cabai. Tumis semua bumbu lalu masukkan daun kelor segar. Tumis hingga layu dan matang. Tumis daun kelor bisa langsung disajikan ataupun ditambah dengan bahan lainnya.

Kalau mau mendapat sensasi rasa asin gurih dari tumis daun kelor ini, cukup tambahkan ikan teri yang sudah digoreng. Tumis daun kelor juga enak ditambahkan udang ataupun cumi goreng.

3. Jus daun kelor

Jus daun kelor memang masih asing didengar padahal segudang manfaat bisa didapatkan dengan mengonsumsi jus ini. Jus daun kelor juga disebut-sebut memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Untuk membuat jus daun kelor ini cukup menghaluskan daun kelor dan air menggunakan blender. Jus bisa langsung dikonsumsi. Tapi kalau tak kuat menyeruputnya dalam versi original, coba tambah bahan atau buah segar.

Jus daun kelor bisa diolah dengan tambahan nanas atau perasan air jeruk lemon. Untuk mendapatkan khasiat serat dari daun ini, cobalah untuk tidak menyaring jus daun kelor. Jus daun kelor bisa juga jadi pilihan menu sarapan sehat yang kaya nutrisi.

4. Puding daun kelor

Bosan dengan puding buah atau puding susu biasa? Coba buat puding daun kelor yang enak dan kaya manfaat. Puding daun kelor juga kaya serat dan bagus untuk pencernaan.

Puding daun kelor ini dibuat dengan campuran susu cair, daun kelor, agar-agar dan gula. Supaya rasanya segar dan enak, gunakan daun kelor yang masih segar. Daun kelor ini tak bisa langsung dimasukkan dalam adonan puding.

Anda harus merebus dulu daun kelor hingga layu lalu blender sampai halus. Jus daun kelor ini yang dijadikan campuran untuk bahan puding. Warnanya yang hijau cerah membuat puding ini makin menggoda. Mau lebih enak lagi? Lengkapi dengan saus vla yang creamy.

5. Telur dadar daun kelor

Telur dadar super simpel juga bisa dibuat dengan tambahan daun kelor. Siapkan daun kelor yang sudah direbus dan ditiriskan sebagai campuran telur dadar.

Tambahkan juga irisan cabai rawit pada racikan telur dadar ini. Telur dadar daun kelor bisa dijadikan pilihan menu sehat kaya serat yang cocok disantap sebagai lauk makan ataupun menu sarapan.

Daun kelor mengandung vitamin C yang 7 kali lebih tinggi dari jeruk, kalsium yang 4 kali lebih banyak dari susu serta mengandung 3 kali lipat potasium pisang. Tertarik mengolah daun kelor jadi makanan enak? (mb/detik)

News Feed