Pemkab Lingga Lakukan Sosialisasi, Edukasi, Tentang Bahaya dan Pencegahan Covid-19

Metrobatam.com, Lingga – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Lingga mengadakan konferensi pers bersama rekan–rekan media.

Konferensi pers dilakukan sebagai upaya pemerintah daerah dalam penanganan Corona Virus Disease (COVID- 19) di Kabupaten Lingga. Konferensi Pers ini diadakan di Gedung Daerah Dabo Singkep, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Selasa (24/03/2020).

“Menindak lanjuti rapat tadi malam, dalam rangka memerangi Covid 19 ini, Pemda Lingga melalui Dinkes telah melakukan upaya-upaya sosialisasi, edukasi, tentang bahayanya proses penyebaran virus ini,” kata kepala (Dinkes-PPKB), Plt Syamsudi.

Ia menjelaskan, walaupun standar Alkes dan APD minim sekali di Lingga, namun dengan dengan segala sumber daya yang ada. Pemda melalui Dinkes dan Instansi terkait telah melakukan upaya pencegahan yaitu melalui deteksi suhu tubuh penumpang di Pelabuhan domestik.

Bacaan Lainnya

“Upaya penanganan tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri harus didukung segala elemen dan lapisan masyarakat, untuk itu saya berharap dokter Indra selaku ketua IDI Kabupaten Lingga kiranya bisa memberikan edukasi dan segala hal agar masyarakat lebih paham, lebih tahu dan waspada terhadap Covid-19 ini,” ungkapnya.

Sementara di tempat yang sama, Ketua Pengurus Cabang Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Lingga, dr. Indra Jaya menanggapi usulan yang disampaikan oleh Kepala Dinkes-PPKB Kabupaten Lingga.

Menurutnya, dengan membatasi pertemuan, dapat mengurangi penularan yang disebut social distancing, virus ini akan kehilangan tempat untuk berpindah. Cara ini adalah dianggap paling efektif dan paling murah yang bisa kita lakukan.

“Himbauan saya kepada masyarakat untuk bisa menerapkan pembatasan aktivitas diluar rumah, hindari tempat keramaian dan perkumpulan. Ini merupakan salah satu upaya pencegahan dalam penanganan virus ganas (Covid-19) ini,” imbuhnya.

Diketahui, hadir dalam pertemuan tersebut Bupati Lingga H. Alias Wello, S.ip Mtr. I.P, Ketua DPRD Lingga, Ahmad Nashirudin, Dirut RSUD Dabo Singkep, Dr. Tuarantayo Bukit Gultom, Kasubag Humas Pemkab Lingga, Fikrizal, Ketua PWI Lingga, Jhony Prasetya, Rekan-Rekan Media Cetak/Online, Humas dan Protokol Pemkab Lingga.

(Daliful)

Pos terkait