Fabio Quartararo Finis Pertama, Ini Hasil lengkap MotoGP Spanyol 2020.

Fabio Quartararo. Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT itu sukses melintasi garis finis paling awal (AFP)

Metrobatam.com, Spanyol – Manisnya kemenangan akhirnya dirasakan juga oleh Fabio Quartararo. Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT itu sukses melintasi garis finis paling awal dibandingkan yang lain pada MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Minggu (19/7/2020) malam WIB. Ia berhasil tampil dominan nyaris di sepanjang lomba.

Itu merupakan kemenangan pertama Fabio Quartararo di kelas MotoGP. Sebelumnya, ia gagal melintasi garis finis sebagai yang terdepan pada tiga kesempatan sepanjang Kejuaraan Dunia MotoGP 2019 karena selalu kalah di putaran terakhir dari Marc Marquez.

Bacaan Lainnya

Jalannya Balapan

Start balapan berlangsung mulus. Para pembalap melewati tikungan pertama nyaris tanpa masalah. Maverick Vinales sendiri berhasil mewujudkan ambisinya untuk melesat sejak start. Ia berhasil mencuri posisi terdepan dari tangan Fabio Quartararo pada tikungan pertama.

Posisi El Diablo melorot dari pertama ke tiga setelah ikut disalip Marc Marquez. Jack Miller lantas menyodok ke posisi tiga dengan menyalip Fabio Quartararo, juga pada lap pertama. Pimpinan lomba sempat berganti dari Vinales ke Marc Marquez pada putaran ketiga di tikungan Dani Pedrosa.

Drama terjadi ketika Marc Marquez sempat melebar pada putaran keempat di tikungan empat. Sang juara bertahan bahkan nyaris terjatuh andai kurang sigap. Ia masih mampu kembali ke lintasan meski terlempar ke posisi 16. Pimpinan lomba lagi-lagi dikuasai Maverick Vinales.

Di belakang Top Gun, Fabio Quartararo mengambil alih posisi kedua dari tangan Jack Miller pada tikungan terakhir. Posisi terdepan kembali berganti pada putaran delapan. Melebarnya Maverick Vinales pada tikungan terakhir, dimanfaatkan betul oleh Fabio Quartararo dan Jack Miller untuk menyalip.

Memasuki pertengahan lomba, Fabio Quartararo bisa merentang jarak secara perlahan dari kejaran Jack Miller di posisi kedua. Selisih bahkan melebar menjadi 2,6 detik ketika balapan tersisa 10 putaran lagi. Sementara itu, Marc Marquez melewati satu per satu lawan hingga menempati peringkat enam.

Perjuangan keras Marc Marquez membuatnya bisa naik ke posisi empat usai menyalip Andrea Dovizioso pada putaran 18. Satu lap kemudian, ia berhasil melewati Jack Miller tepat pada tikungan terakhir. Matanya kini membidik Maverick Vinales di posisi kedua.

Sayangnya, upaya tersebut harus pupus pada putaran 21. Tikungan empat lagi-lagi menjadi mimpi buruk buat Marc Marquez. Ia terjatuh dan terpelanting dari motor saat berusaha memperkecil jarak dengan Maverick Vinales. Sementara di depan, Fabio Quartararo nyaman memimpin.

Pembalap asal Prancis itu akhirnya keluar sebagai pemenang balapan. Di belakangnya, Maverick Vinales berhasil mendahului Andrea Dovizioso yang sempat menyalip Jack Miller pada putaran 23 di tikungan enam. Berikut hasil lengkap MotoGP Spanyol 2020.

1 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha (YZR-M1)

2 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

3 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20)

4 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)

5 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)

6 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16)

7 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP19)

8 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)

9 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20)

10 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

11 Johann Zarco FRA Reale Avintia Ducati (GP19)

12 Alex Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

13 Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)

14 Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP19)

15 Bradley Smith GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP)

Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

Iker Lecuona SPA Red Bull KTM Tech3 (RC16)

Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

Aleix Espargaro ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP)

Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

(okezone)

Pos terkait