Parenting Orang tua, Dasar dari Sekolah Keluarga

  • Whatsapp
banner 468x60

Metrobatam.com, Bukittinggi –  Sebuah Proses untuk Memantaskan Diri Menjadi Orang Tua Teladan (Parenting)  dasar dari Sekolah keluarga. Sekolah keluarga bertujuan untuk menjawab keresahan bagi orang tua, karena pertumbuhan tekhnologi yang modern, serta banyaknya persoalan sosial yang terdapat dalam lingkungan keluarga dan lingkungan lainnya khususnya di Kota Bukittinggi.

Kegiatan yang dihadiri sebanyak lebih kurang 100 orang dari Kecamatan Guguak Panjang juga dihadiri oleh Buya Gusrizal Gazahar sebagai Ketua MUI Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Buya Gusrizal Gazahar  menjelaskan pengetahuan pendidikan akhlak di Keluarga dan harus dikuasai oleh orangtua. Sebab pendidikan yang utama bersumber dari keluarga, selain sekolah dan lingkungan.

Kegiatan tentang sekolah keluarga ini dibuka langsung oleh Wali kota Bukittinggi, Erman Safar.

Dalam amanatnya Erman Safar mengatakan, Sekolah Keluarga merupakan salah satu cara dalam mempersiapkan keluarga yang demografi, dapat membina generasi generasi yang cerdas dalam menghadapi tantangan kehidupan di masa akan datang.

Sebab, anak adalah tumpuan harapan bersama yang merupakan aset bangsa di masa depan. seperti ibarat mata rantai kait berkait, akhlak  yang baik  kita turunkan kepada anak, suatu saat nanti dia juga menurunkan akhlak yang yang mulia.

“Kalau kita tidak sadar dari sekarang, maka kita akan mendapatkan generasi yang menyimpang dan jauh dari harapan. Sekolah keluarga ada untuk mencegah hal itu. Karena itu, mulai sekarang mari kita berubah menjadi orang tua yang kuat bagi anak kita. Kita yang berubah dulu baru anak akan mencontoh kita. Apa yang kita usahakan dan ubah sekarang,” terang Erman.

“Sekolah Keluarga ini merupakan program  untuk ketahanan rumah tangga, mari kita persiapkan diri untuk pengendalian penggunaan teknologi pada anak-anak, orangtua diminta  untuk mengawasinya. agar tidak terjadi perilaku menyimpang dalam kehidupan sosial bermasyarakat,” ungkap Erman.

Harapan Wali kota Bukitinggi, orang tua juga lebih banyak berkomunikasi dengan anak, di samping kesibukan mencari nafkah, sesekali dampingi anak kita baik itu dalam rekreasi atau dalam menuntut ilmu pengetahuan di sekolah dan luar sekolah. (basa)

  • Whatsapp

Pos terkait