TNI AL Laksanakan Latihan Samudera Shakti-21 Bersama Angkatan Laut India, Perkuat Hubungan Bilateral dan Interoperabilitas

Keterangan Gambar: Pangkoarmada I, Laksda TNI Arsyad Abdullah (kiri), Vidcon dari Puskodal Koarmada I bersama delegasi Angkatan Laut India, Senin (20/9/2021). Foto/Dispen Koarmada I

METROBATAM.COM, JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) dalam hal ini Komando Armada (Koarmada) I melaksanakan Latihan Bersama (Latma) Samudera Shakti-21 bersama Angkatan Laut India.

Latihan tersebut dibuka langsung oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I, Laksamana Muda (Laksda) TNI Arsyad Abdullah, melalui Video Conference (Vidcon) dari Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) Koarmada I, pada Senin (20/9/2021) kemarin.

Bacaan Lainnya

Pangkoarmada I mengatakan, latihan tersebut adalah merupakan rangkaian latihan Angkatan Laut Tahunan antara TNI AL Koarmada I dengan Angkatan Laut India.

“Ini adalah latihan yang ketiga kalinya diselenggarakan. Dalam situasi pandemi Covid 19, latihan dilaksanakan dengan mematuhi protokol Covid 19 yang ketat,” kata Pangkoarmada I, Selasa (21/9/2021).

Adapun unsur Kapal Republik Indonesia (KRI) Koarmada I yang terlibat yakni KRI Bung Tomo-357 dan KRI Malahayati-362. Sementara dari Angkatan Laut India ialah unsur Indian Naval Ship (INS) Shivalik F47 dan INS Kadmatt.

“Saya berharap tahun ini, latihan Samudra Shakti-21 dapat berjalan dengan aman dan lancar. Dimana tujuan dari latihan ini adalah untuk memperkuat hubungan bilateral kedua Angkatan Laut dan Interoperabilitas,” jelasnya.

Selain itu, disampaikan Pangkoarmada I bahwa, latihan ini harus dicapai melalui pengembangan prosedur bersama serta skenario latihan dengan melakukan latihan komunikasi dan manuver taktis.

“Kami ucapkan selamat berlatih untuk Angkatan Laut kedua Negara, guna membangun semangat Navy Brotherhood. Atas nama delegasi Angkatan Laut Indonesia, saya mengucapkan terima kasih kepada Angkatan Laut India yang telah memberikan jadwalnya di tengah pandemi untuk melaksanakan kegiatan latihan bilateral ini,” katanya. (Ilh4m)

Pos terkait