Bersama Memerangi Pandemi, Dandim Letkol Inf Agus: Vaksinasi Solusi Menangani Covid-19

Keterangan Gambar: Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Karimun, Minggu (3/10/2021).

METROBATAM.COM, KARIMUN – Komando Distrik Militer (Kodim) 0317/Tanjung Balai Karimun (TBK) kembali melaksanakan kegiatan vaksinasi massal. Hal itu sebagai upaya memudahkan masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Pelaksanaan tersebut berlangsung Gelanggang Olahraga (GOR) Indoor Badang Perkasa, Jalan Kapten Piere Tendean, Kelurahan Darussalam, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (3/10/2021) pagi.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan vaksinasi itu bekerja sama dengan pihak Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) TBK dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI, yang diperuntukkan untuk masyarakat Karimun dengan dosis pertama (I) dan dosis kedua (II), jenis Sinovac sebanyak 500 dosis dan AstraZeneca 100 dosis.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0317/TBK, Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri (Inf) Agus Rediyanto, mengatakan, di tengah lonjakan kasus Covid-19 yang sangat tinggi, vaksinasi merupakan salah satu cara melindungi diri karena bisa mengurangi risiko terjadinya sakit parah jika tertular Covid-19.

“Sekitar 500 masyarakat yang mengikuti Vaksin yang kami gelar, dengan jenis Sinovac dan AstraZeneca untuk dosis 1 dan 2. Ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses dan layanan terhadap vaksin Covid-19, sehingga penyebaran penerima vaksin akan lebih luas lagi karena vaksinasi dapat melindungi diri dan juga melindungi negeri,” kata Letkol Inf Agus Rediyanto.

Dijelaskan Letkol Inf Agus, bahwa, kegiatan diawali dengan melakukan pendaftaran, pengecekan tekanan darah (hipertensi), pemeriksaan Skrining (prosedur tes untuk mengetahui potensi atau gangguan kesehatan pada seseorang). Kemudian dilakukan penyuntikan vaksin, dan observasi (pengamatan).

“Vaksinasi adalah ikhtiar kita untuk melindungi diri dan bangsa ini dari pandemi, dengan cara membangun pembentukan kekuatan komunal atau herd immunity. Target kita pada hari ini untuk vaksin Sinovac 500 dosis dan AstraZeneca 100 dosis,” ujarnya.

Lanjut Letkol Inf Agus, mengatakan bahwa, antusias masyarakat Karimun terhadap program vaksinasi terbilang cukup tinggi. Hal tersebut dilihat dari pencapaian persentase dibanding Kabupaten/Kota lain di Indonesia.

Selain itu, masih kata Dandim 0317/TBK, kegiatan tersebut sesuai arahan dari Komandan Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP) Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu yang terus gencarkan pelaksanaan melalui Serbuan Vaksinasi Tim Vaksinasi Mobile Gurindam 12 Komando Resor Militer (Korem) 033/Wira Pratama (WP).

“Capaian vaksinasi kita saat ini sudah cukup tinggi, sehingga kita saat ini menyasar pada masyarakat yang berada di kampung-kampung agar semua terjangkau. Harapannya bisa menambah capaian vaksinasi, dan pelaksanaan vaksinasi khusus peringatan HUT ke-76 TNI ini hanya berlangsung 1 hari ini saja. Namun, di luar program vaksin yang kita lakukan ini, masih terus berlanjut. Saat ini, dukungan vaksin kita telah habis, dalam beberapa hari akan kembali menerima kuota vaksin, sehingga vaksinasi tetap kita lakukan berkesinambungan. Sasaran vaksinasi ini bisa untuk anak 18 tahun ke atas, serta terbuka untuk umum baik segala usia. Untuk dosis pertama maupun dosis kedua,“ tandasnya. (Ilh4m)

Pos terkait