Momen HUT ke-76 TNI, Dandim 0317/TBK Ajak Teruskan Perjuangan

Keterangan Gambar: Dandim 0317/TBK, Letkol Inf Agus Rediyanto (dua dari kanan), menabur bunga di salah satu makam pahlawan kemerdekaan Indonesia di Taman Makam Pahlawan Tanjung Batu, Kundur, Karimun, Provinsi Kepri, Senin (4/10/2021).

METROBATAM.COM, KARIMUN – Dalam mengenang, menghormati, dan menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan kemerdekaan Indonesia, Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kabupaten Karimun mengadakan Upacara Ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Batu, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Pelaksanaan yang dilaksanakan pada Senin (4/10/2021) itu, adalah merupakan serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI tahun 2021.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah kegiatan berlangsung dengan khidmat dan sesuai protokol kesehatan. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting dilakukan, karena jasa dan perjuangan para pahlawan tak dapat di nilai dengan apapun,” kata Komandan Distrik Militer (Dandim) 0317/Tanjung Balai Karimun (TBK), Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri (Inf) Agus Rediyanto, dalam keterangan resminya.

Dijelaskan Dandim 0317/TBK, bahwa, sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya, karena dengan jasa-jasanya, kita wajib mengenang, menghormati, dan menghargai.

“Kepada generasi muda, wajib bersyukur. Karena bisa menikmati kemerdekaan yang tak lepas dari jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga dalam berjuang merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah. Semoga ke depannya, TNI lebih solid lagi,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0317/TBK mengajak kepada seluruh elemen masyarakat di Karimun khususnya, agar mematuhi dan mentaati protokol kesehatan Covid-19 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Di masa pandemi ini, khususnya TNI, kita sudah mendapatkan instruksi dari Pimpinan TNI, yakni TNI tugasnya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kami bersama Polri, pemerintah, dan masyarakat membantu dan mendukung program-program dalam mengatasi pandemi, seperti percepatan vaksinasi dan lainnya,“ imbuhnya.

Dalam prosesi upacara ziarah dan tabur bunga itu, Dandim 0317/TBK, Letkol Inf Agus Rediyanto, dan rombongan turut mendoakan agar arwah para pahlawan revolusi diberikan tempat yang layak di sisi-Nya.

Selain itu, Dandim 0317/TBK dan rombongan juga melakukan renungan dan tabur bunga di beberapa makam pahlawan kemerdekaan Indonesia. Selanjutnya, Dandim 0317/TBK dan rombongan bergerak meninjau ke kantor Legiun Veteran Republik Indonesia (RI), melaksanakan ramah tamah di Mess Usman Harun Pos Pengamat (PosMat) Angkatan Laut (AL) dan meninjau Kantor Komando Rayon Militer (Koramil) 03/Kundur.

“Pesan saya kepada prajurit Komando Distrik Militer (Kodim) 0317/TBK, agar dapat mengambil nilai-nilai teladan dari para pahlawan bangsa yang telah mendahului. Ini adalah penghargaan kita kepada para terdahulu, dan ke depannya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga keutuhan NKRI yang kita cintai ini,” pungkasnya. (Ilh4m)

Pos terkait