Hari Pahlawan 2021, Dandim 0317/TBK: Maknai dan Teladani Semangat Juang Para Pahlawan

Keterangan gambar: Dandim 0317/TBK, Letkol Inf Agus Rediyanto (kanan), selaku Irup pelaksanaan upacara memperingati Hari Pahlawan tahun 2021, di Gedung Nilam Sari Kantor Bupati Karimun, Sungai Raya, Meral, Karimun, Provinsi Kepri, Rabu (10/11/2021).

METROBATAM.COM, KARIMUN – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0317/TBK, Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri (Inf) Agus Rediyanto, mengucapkan selamat Hari Pahlawan tahun 2021. Ia berharap di momen ini mampu mengenang jasa pahlawan dan menjadikannya sebagai inspirasi serta mewarisi semangat juang, nasionalisme dan patriotisme para pahlawan terdahulu.

Hal ini ia sampaikan saat menjadi inspektur upacara (Irup) pelaksanaan upacara memperingati Hari Pahlawan ke-76 tahun 2021 yang mengusung tema yakni Pahlawanku Inspirasiku di Gedung Nilam Sari Kantor Bupati Karimun, Jalan Jenderal Sudirman Poros, Kelurahan Sungai Raya, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (10/11/2021).

Bacaan Lainnya

Bagi Letkol Inf Agus, sosok pahlawan tak pernah penat berbuat untuk masyarakat, bahkan tak pernah berharap balas jasa. Dan yang terpenting, sosok pahlawan selalu mengabdi untuk negeri. Maka, spirit (semangat) seperti itu hendaknya menjadi tauladan bagi semua dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan negeri yang kita dicintai ini.

“Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karunianyalah, pada hari kita dapat bersama-sama mengagumi Hari Pahlawan. Kita harus lebih maju dari tahun sebelumnya, karena dengan bersama kita bisa mewujudkan cita-cita para pahlawan. Karena kita bukan bangsa, yang menerima kemerdekaaan lemah sebagai hadiah kemenangan, mengalahkan dan mengusir balatentara terkuat dunia,” katanya saat membacakan amanat upacara Hari Pahlawan 2021.

Keterangan gambar: Upacara memperingati Hari Pahlawan ke-76 tahun 2021 di Gedung Nilam Sari Kantor Bupati Karimun, Sungai Raya, Meral, Karimun, Provinsi Kepri, Rabu (10/11/2021).

Ia mengatakan, semangat juang para pahlawan tidak hanya rela berkorban untuk mengorbankan harta bendanya saja, namun bahkan jiwa dan raganya untuk gugur sebagai kusuma bangsa. Nilai-nilai seperti itulah yang harus dapat diwariskan untuk melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan saat ini.

“Teruslah menjadi anak Indonesia yang sebenarnya dengan menghomati Pancasila Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Semoga kita menjadi pemenang dalam era kehidupan normal baru. Mengakhiri sambutan ini, saya mengajak seluruh warga bangsa untuk menyatukan tekad dan langkah secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik lagi ke depannya. Kobarkan semangat tekad dan jadikan pahlawan sebagai inspirasi disetiap langkah kehidupan kita,” ujarnya.

Pada momen peringatan Hari Pahlawan kali ini, Dandim 0317/TBK memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh komponen elemen bangsa yang telah turut terlibat dan membantu dalam penanganan wabah pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Dandim 0317/TBK juga tidak lupa mengingatkan agar semua pihak untuk tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Meskipun saat ini pandemi Covid-19 sudah melandai, menurutnya protokol kesehatan harus terus dilaksanakan dengan ketat.

“Saya harap semua kita dapat menjadi bagian untuk mematuhi protokol kesehatan. Untuk itu, momen peringatan hari pahlawan menjadi momen renungan bagi semua pihak untuk terus berbuat demi kemajuan negeri ini. Selamat hari pahlawan, semoga para pahlawan negeri ini terus muncul sepanjang zaman,” pungkasnya.

(Ilh4m)

Pos terkait