Antri dari Subuh, Layanan Pembuatan Paspor di Imigrasi Batam “Parah”

antrian di imigrasi

Metrobatam.com, Batam – Dari tahun bahola hingga zaman modern seperti sekarang, pelayanan untuk pembuatan atau perpanjangan paspor di kantor Imigrasi Batam tidak pernah beres, bahkan semakin parah.Jika sepuluh tahun lalu mengurus paspor cukup datang pagi, namun sekarang harus antri mulai pukul 4.00 subuh.
Kondisi seperti sudah berulang kali dikeluhkan oleh masyarakat Batam, namun tetap tidak ada perbaikan. Kemarin, Jumat (12/2) pengguna media sosial, bernama Alexdion memposting foto sejumlah warga yang antri di kantor Imigrasi Batam pukul 4.00 wib. Dalam foto tersebut digambar suasana yang masih gelap, namun puluhan orang sudah duduk dengan rapi dengan meletakkan helm atau tas sebagai pertanda pemilik antrian.

“Sampai kapan kah cara yg seperti ini akan bisa dibenahi.setiap pembikinan paspor harus atri dari jam 4.subuh apa kah wajar aturan seperti ini yg diterapkan Imigrasi Batam,”begitu cuitannya yang diunggah dilaman facebook alexdion.

Postingan mendapat komentar Lebih dari 133 orang.Rata-rata dari mereka mengeluhkan tentang sistem antria yang diberlakukan pihak Imigrasi Batam ketika mengurus paspor. Tapi tidak sedikit pula yang mengungkapkan kebobrokan pelayanan di kantor Imigrasi Batam, mulai dari banyaknya calo hingga petugas yang kurang respon dalam memberi pelayanan.

“Sengaja dbuat ribet dan lama supaya ente nitip calo….nah,calo jg krj sama orang dalam, pulang krj bagi hasil,lumayan bs ada tambahan ratusan/jutaan tiap hari, sebab pegawai imigrasi g bs minta bayar lbh, makanya dbuat dmikian…pahaaammmmm…he,”demikian komentar akun bernama mashh Slamett Lokojoyo.

Ada juga yang membandingkan kebobrokan pelayanan Imigrasi Batam dibanding pelayanan daerah lain seperti Bali dan Bandung. “Saya dulu bikin paspor di Bandung gak separah di Batam. Di Bandung ya antri juga, tapi gak dari subuh. Hari pertama dtg antri masukin berkas, dan bayar. Udh gtu langsung dikasi jadwal lg buat interview. Ntr dtg lagi pas jadwal interview antri bentar aja langsung dipanggil interview & foto.Pas pengambilan paspor juga gak antri,” komentar akun bernama Agetha yang diposting dalam Group Wajah Batam.

Nah lho, bagaimana Imigrasi Batam menanggapi komentar-komentar miring seputar pelayanan tersebut. Wartawan metrobatam.com belum berhasil bertemu dengan pejabat berwenang dikantor yang penjagaan dan aturan bertemu pejabatnya cukup ribet ini, lantaran Sabtu kantor tersebut tidak ada buka seperti biasa. (edj)