oleh

Pangkalan Udara Natuna akan Disulap Seperti Pearl Harbour

-Tak Berkategori-61 views

pangkalan udara natuna

Metrobatam.com, Natuna – TNI AU berencana membuat Kepulauan Natuna sebagai pangkalan udara layaknya Pearl Harbour, Amerika Serikat (AS). Hal tersebut, lantaran wilayah Natuna dianggap strategis untuk mengawal wilayah udara Indonesia yang berada digaris terdepan perbatasan dengan negara lain.

“Natuna, KSAU menginginkan akan dijadikan seperti Pearl Harbaour. Soalnya sekarang (pesawat) kita standby di situ hanya bisa 2-3 hari,” ujar Kadispenau, Marsma Dwi Badarmanto.

Adapun persiapan yang diperlukan ialah runway di Natuna diperpanjang. Selain itu, fasilitas penunjang seperti hanggar juga perlu dibangun untuk persiapan yang maksimal. Meski demikian, TNI AU menyerahkan sepenuhnya target penyelesaian pembangunan di Natuna dengan kemampuan anggaran pemerintah.

“Itu bergantung kemampuan pemerintah, kita ada target lebih cepat bagus, bagian dari renstar 2015-2019,” imbuhnya.

Kedepan, TNI AU mencanangkan Natuna sebagai kapal perang statis yang berperan sebagai gerbang dalam menjaga wilayah udara Indonesia.

“Itu kan natuna wilayah kita yang strategis. Bisa saja, dan tidak menutup kemungkinan kita akan jadikan kapal perang yang statis,” pungkasnya.

Sumber Okezone