Bawa Kendaraan Pulang Kampung, Ini Tips Persiapannya

Metrobatam.com, (Mb) – Tidak ada salahnya jika Anda belum pernah pulang kampung / berpergian menggunakan mobil pribadi, Anda mencari tips atau informasi terlebih dahulu. Berikut saya coba tuliskan beberapa Tips persiapan agar perjalanan pulang kampung Anda nyaman. Terutama bila kampung Anda jauh.

1. Persiapkan kendaraan yang hendak Anda gunakan, bawalah ke bengkel berautorisasi agar pemeriksaan dapat dilakukan dengan cermat. Waktu yang tepat adalah sekitar 2 minggu sebelumnya, sehingga ada waktu bagi Anda unuk mencoba kendaraan Anda. Jangan lupa periksa juga kapan oli harus diganti. Bawalah buku Servis kendaraan Anda dan petunjuk manualnya. Jangan lupa cek ban mobil Anda! jangansampai Anda berpergian denganban gunduk / tidak layak pakai. Sangat Berbahaya!

2.  Persiapkan obat – obatan yang mungkin diperlukan dalam perjalanan, seperti Antangin/Tolak Angin, obat diare, obat demam/ sakit kepala, obat batuk, betadine, hansaplast, koyo, minyak angin, minyak kayu putih, counterpain / balsam, obat anti alergi, obat mabuk (antimo), perban, kapas, alkohol, cotton bud. Letakan pada satu tempat / wadah yang kemudian dapat Anda letakan di bagian yang mudah diambil di mobil Anda.

3. Persiapkan Perlengkapan darurat mobil Anda seperti, Segitiga pengaman, Kunci Ban, dongkrak buaya, Tali baja khusus untuk derek dan perlengkapan standard mobil. Juga Ember kecil berisi lap kanebo dan shampoo mobil, untuk keadaan darurat bila mobil / kaca mobil Anda sangat kotor.

Bacaan Lainnya

4. Perlengkapan pribadi Anda : seperti sabun shampoo, make up, handuk, dll Jangan lupa juga charger perlengkapan elektronik Anda.

5. Bawalah barang dengan seksama, Anda mau pulang kampung bukan mau pindah rumah, perhitungkan berapa lama Anda disana, bawalah barang / baju secukupnya, agar jangan sampai pada hari H ternyata kelebihan muatan.

6. Hitunglah jumlah orang yang akan ikut, sesuaikan dengan kapasitas mobil Anda, agar perjalanan Anda Aman & Nyaman. Pikirkan juga tempat meletakan barang – barang, apakah di dalam mobil atau Anda mempunyai tempat khusus diatas mobil. Jangan asal mengikat barang diatap mobil bila Anda tidak mempunyai tempat khusus! hal itu berbahaya dan melanggar ketentuan lalu lintas.

7. Makanan, Cemilan, Minuman, sediakan cemilan dan minuman di mobil Anda, walaupun Anda berpikir toh kita dapat berhenti kapan saja untuk membeli, karena ada tempat / waktu Anda haus tapi tidak memungkinkan untuk berhenti. Note : saya selalu membawa kopi, snack dan permen untuk mencegah kantuk. Anda juga dapat membawa makanan seperti indomie goreng, nugget, sosis, telor. Dengan pertimbangan bila Anda / keluarga merasa lapar di waktu yang kurang tepat untuk membeli makanan

8. Peta dan informasi penting. Menjelang lebaran, di hypermarket / toko buku  banyak di bagikan peta secara cuma – cuma.. berisi nomer telpon penting, termasuk nomer telp polisi di tiap wilayah. Pada peta tersebut juga tercantum jarak antar kota.

9. Bantal, Jaket, Kacamata hitam. Bantal dapat diguankan oleh anggota keluarga yang lain untuk beristirahat didalam mobil. Jaket mencegah Anda kedinginan dan masuk angin, terutama bila mobil Anda tidak dilengkapi dengan penghangat. Kacamata hitam, agar tidak silau terutama jika perjalanan Anda menuju ke timur di pagi hari atau menuju barat di sore hari.

10. Lain – lain : Senter, Tikar kecil, Gunting, Plastik untuk mengumpulkan sampah Anda – buanglah sampah yang telah dikumpulkan di tempat sampah yang tersediadi tempat  peristirahatan / di  pom bensin. CD atau kaset untuk mencegah bosan. dan terakhir.. Buatlah List daftar2 barang atau hal – hal yang perlu Anda perhatikan. Uang kecil di tempat yang mudah diraih untuk membayar parkir, tol, ataupun toilet. Sediakan juga tas kecil tempat sabun dan tissue yang mungkin anda butuhkan selama perjalanan.

(Ms)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *