Pemerintah Pusat Berikan DAK Rp 176 Miliar untuk Karimun

Metrobatam.com, Karimun – Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat Rp176 miliar untuk berbagai kegiatan pembangunan.

“Dana Alokasi Khusus sebanyak itu dialokasikan di sejumlah dinas. Kami bersyukur meski jumlahnya tidak banyak,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Bacaan Lainnya

Aunur Rafiq mengatakan, DAK sebanyak itu dialokasikan pemerintah pusat untuk sejumlah kegiatan pembangunan, dengan rincian sebesar Rp108 miliar untuk pembangunan fisik dan Rp68 miliar untuk nonfisik.

Untuk pembangunan fisik, jelas dia, dianggarkan untuk berbagai pembangunan infrastruktur seperti proyek pembangunan dan perawatan jalan, pengadaan air bersih di sejumlah daerah, sedangkan untuk nonfisik seperti pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Pos anggaran DAK tersebut, kata Bupati, tersebar di dinas-dinas terkait, sesuai dengan tupoksi masing-masing. Pos terbesar berada di Dinas Pekerjaan Umum karena nilai anggaran untuk setiap kegiatan relatif besar.

Anggaran yang diplot di Dinas PU, kata dia, termasuk kategori DAK Akremasi dan DAK Infrastruktur, sedangkan DAK reguler tersebar di dinas-dinas lain.

“Penggunaan DAK, sesuai pos anggarannya memang mengacu pada skala prioritas. Setiap dinas kami minta agar menggunakannya seefisien mungkin,” kata dia.

Bupati juga mengatakan akan tetap mengupayakan penambahan DAK pada APBN Perubahan 2016, sehingga dapat digunakan untuk membiayai program pembangunan yang tertunda akibat defisit anggaran.

Dia mengatakan, sebelumnya telah menemui Kementerian Dalam Negeri memaparkan berbagai prioritas pembangunan yang membutuhkan anggaran cukup besar.

Dalam paparannya di Kemendagri, dia mengatakan, pembangunan yang menjadi prioritas itu antara lain Balai Latihan Kerja, pengadaan air bersih bagi masyarakat daerah terpencil, pembangunan pelabuhan penunjang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.

(Mb/Antara)

Pos terkait