Pipa Yang Sudah Tua, Jadi Kendala Air Bersih di Pulau Bintan

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri, Abdul Kholik mengakui bahwa pipa saluran air yang sudah tua masih menjadi kendala baginya untuk kualitas air bersih bagi pelanggan.

Pasalnya saat ini, kata Kholik hampir sebagian pipa milik PDAM Tirta perlu direvitalisasi.

Read More

“Kami sudah ajukan ke Pemerintah Provinsi Kepri, untuk menganti pipa yang sejak tahun 1970 tidak pernah kita ganti,”Ucap Kholik di ruang kerjanya, senin (19/12) siang.

Kendati demikian, kata Kholik untuk tetap menjamin kualitas air bersih kepada pelanggan pihaknya selalu melakukan pengecekan di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL) Batam.

“Setiap hari kita lakukan pengecekan di labolatorium milik PDAM dekat sungai pulai bahkan 3 hari sekali kita bawa sempel air bersih milik kita di cek di BTKL Batam,”Katanya.

Pengecekan ini kata, Kholik sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) NOMOR  : 416/MENKES/PER/IX/1990 tentang standar kualitas air bersih dan air minum.

“Kita tidak dapat menjamin kualitas air tersebut semua masih terkendala pipa, mudah – mudahan di APBD tahun 2017 pemerintah kepri dapat membantu menganti pipa tersebut,” ujarnya. (Budi Arifin)

Related posts