Tabrak Valentino Rossi, Marc Marquez Tak Merasa Salah

Metrobatam.com, Argentina – Marc Marquez berkeras bahwa tabrakan dia dengan Valentino Rossi di Grand Prix Argentina, Minggu (8/4), hanyalah insiden biasa dan bahwa dia tidak melakukan perbuatan yang “gila”.

Dalam insiden tersebut dia menabrak Rossi dari belakang sehingga si pembalap Yamaha terjatuh. Marquez kemudian dihukum penalti 30 detik dan posisi finisnya didemosi dari urutan lima menjadi 18.

Bacaan Lainnya

“Saya kira saya tidak melakukan apa pun yang gila,” kata Marquez.

“Hari ini apa yang terjadi pada Valentino adalah sebuah kesalahan, konsekuensi dari kondisi trek karena ban depan saya terkunci.”

“Anda perlu memahami kondisi trek, di lintasan itu memang kering tetapi saya berada di tempat basah, ban depan terkunci, dan rem menjadi lepas.”

“Memang saya menyenggol, saya berusaha membelok dan kemudian ketika saya melihat dia jatuh saya hanya bisa berusaha mengatakan maaf.”

Lalu Marquez mencontohkan sejumlah insiden pembalap lain, termasuk antara Johann Zarco dan Dani Pedrosa. Nama terakhir ini jatuh di putaran pertama akibat insiden itu dan gagal melanjutkan lomba.

“Jika Anda cek, ada juga Zarco dengan Dani, (Danilo) Petrucci dengan Aleix (Espargaro). Hari ini cukup sulit namun itu tak masalah. Saya telah berusaha 100 persen.”

Justru, Marquez berkilah bahwa kesalahan terbesarnya pada balapan itu adalah saat dia menabrak Aleix Espargaro di putaran ke-10.

“Mungkin kesalahan terbesar saya dalam balapan ini adalah terhadap Aleix,” ujarnya.

“Saya lebih cepat empat detik dan saya tidak menyadarinya. Kalau Anda lebih cepat empat detik dari para pembalap lain, ini akan cukup menyulitkan dan saya tidak sadar itu. Namun, saya telah berusaha 100 persen untuk menghindari benturan dan kemudian saya minta maaf.”

Dalam insiden tersebut, Marquez hanya dihukum untuk mundur satu posisi atau mengembalikan tempatnya ke Espargaro.

“Saya terima penalti itu, saya paham. Saya hanya dihukum satu posisi tetapi supaya aman saya mundur dua posisi.”

 

(Beritasatu)

Pos terkait