Sejumlah Alat Medis Rusak, Menkes Tinjau RSCM Usai Diterjang Banjir

Metrobatam, Jakarta – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mendatangi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Senen, Jakarta Pusat, Minggu (23/2). Kedatangannya guna memantau banjir yang sempat merendam bagian dalam rumah sakit tersebut.

“Kita cek, sudah dibersihkan semua,” ujarnya kepada wartawan siang ini.

Terawan mengatakan ia sudah melihat semua peralatan yang terendam dan meminta pihak vendor agar memeriksa alat-alat tersebut setelah dikeringkan.

Pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) agar memeriksa kadar radiasi alat-alat tersebut setelah dikeringkan dan diperbaiki.

“Karena itu prinsip satu, pelayanan tidak boleh terhenti. Dua, kehati-hatian tidak boleh dilupakan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Pengembangan dan Pemasaran RSCM semua alat yang terendam sudah dikeringkan.

“Tinggal untuk pengujian alat menunggu vendor. Langsung dicek hari ini kalau oke yasudah tidak ada masalah,” ujarnya.

Sebelumnya Gedung A bagian rawat inap dan Gedung Tiara RSCM terendam genangan air karena hujan deras sejak pagi tadi. Genangan air terjadi sejak pukul 05.00 WIB, namun sudah surut sejak pukul 08.00 WIB.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com per siang ini, sudah tidak ada genangan air pada area rumah sakit. Kegiatan di rumah sakit juga sudah berjalan normal. Yang tersisa hanya kegiatan memompa air dari area basement rumah sakit.

Sejumlah Alat Medis Rusak

Sejumlah alat medis mengalami kerusakan akibat banjir yang menggenangi Gedung A sebagai ruang rawat inap dan Gedung Tiara RSCM. Banjir yang menggenangi RSCM akibat hujan cukup lebat, Minggu (23/2).

Kasubag Humas RSCM Ananto dalam keterangan tertulisnya, mengatakan, genangan di gedung A terjadi sejak pukul 05.00 WIB.

“Genangan air setinggi mata kaki (sekitar 8 cm) akibat hujan yang cukup deras di sepanjang selasar Gedung RSCM, yang berdampak juga masuknya air tersebut ke beberapa ruangan seperti radiologi dan radioterapi,” kata Ananto.

Tim Fasmed (pengelola alat kesehatan) RSCM dan Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Jakarta masih melakukan pemeriksaan alat medis radioterapi dan radiologi yang terkena genangan air.

Ananto mengatakan pukul 08.00 WIB, genangan air telah surut dan lokasi pelayanan radioterapi dan radiologi telah selesai dibersihkan.

Selain itu, RSCM menegaskan bahwa pelayanan pasien di unit gawat darurat (IGD) maupun ruang rawat inap tidak terganggu dan berjalan seperti biasa.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo alat medis radiologi yang terendam itu antara lain, Stationary X-ray Ceiling, Fluoroscopy, Mammpgraphy.

Selain itu, Stasionary X-ray Floor, Mobile X-ray, Dua unit CT Scan, Satu unit Ultra Sound Accuson, Seluruh sistem PACS (Picture Archiving and Communication System), dan Satu unit MRI Siemens

“Pendataan secara detil #banjir #DKIJakarta #RSCM sedang dilakukan. Akan diupdate (perbarui) jika sudah lengkap datanya,” kata Agus lewat akun Twitter pribadinya @aw3126. (mb/cnn indonesia)

Loading...

Related posts