Wali Kota Tanjungpinang Resmikan Pos Damkar di Senggarang

  • Whatsapp
banner 468x60

Metrobatam.com, Tanjungpinang –  Wali Kota Tanjungpinang Rahma meresmikan Pos Piket Sektor Kota Pemadam Kebakaran yang berlokasi di Jalan Daeng Kamboja, tepatnya di samping kantor Kelurahan Senggarang, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kepri. Rabu (17/3/2021).

Wali Kota, Rahma mengatakan belakangan ini fenomena yang sering terjadi di Tanjungpinang adalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Bacaan Lainnya

Selain karena faktor cuaca panas dan kering disertai angin kencang, juga diakibatkan dari kelalaian manusia baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

“Kejadian kebakaran ini menjadi atensi dan intruksi Presiden Joko Widodo untuk segera ditindaklanjuti kejadian hutan dan lahan secara dini. Meskipun, kejadian sekecil apapun harus ditangani dengan cepat dan tanggap,” ucap Rahma.

Dari data yang tercatat,  secara umum kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kota Tanjungpinang mencapai 75 kejadian. “Dari 75 kasus itu, 16 kejadian kebakaran hutan dan lahan terjadi di wilayah Senggarang dan Kampung Bugis,” katanya.

Ia berharap, dengan diresmikan pos Damkar sektor kota ini dapat mempercepat pelayanan penanggulangan kebakaran dan resm time untuk mencapai ke tempat kejadian kebakaran.

“Adanya pos ini dapat meminimalisir potensi dampak kebakaran lebih luas, mengingat wilayah ini termasuk daerah yang sangat rawan terjadinya bahaya kebakaran,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Hantoni menuturkan saat ini jumlah mobil pemadam kebakaran yang ada berjumlah 8 unit mobil. Dari 8 unit itu, satu unit mobil kondisinya rusak berat.

“7 diantaranya yang memiliki kapasitas 6.000 liter air, 4.000 liter, dan 3.000 liter, ditambah kaisar,” katanya.

Hantoni berujar mobil ini, umurnya rata-rata di bawah 2009. Ada yang dari hibah pemprov Kepri dan ada juga dari pengadaan Pemko.

“Kami berharap, bisa ditambahkan mobil dan personil,” ucap dia.

Karena, kalau kita melihat dari wilayah manajemen kebakaran (WMK) khususnya di Tanjungpinang kota luar biasa tingkat kebakaran hutan dan lahan yang sudah mencapai 100 lahan yang terbakar.

“Alhamdulillah meski dengan keterbatasan personil dan mobil Damkar, kebakaran yang terjadi bisa kita tangani,” pungkasnya.

Untuk informasi, saat ini DPKP memiliki empat pos pelayanan sektor yang berlokasi di markas besar jalan suka berenang, pos sektor bintan center, sektor dompak, dan sektor kota.

(IP)

Pos terkait