TMMD ke-111 Kodim 0315/Bintan di Desa Marok Tua Resmi Ditutup

Keterangan gambar: Foto bersama usai penutupan TMMD ke-111 tahun 2021 Kodim 0315/Bintan di Desa Marok Tua, Dabo Singkep, Lingga, di Gedung Nasional Kecamatan Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Rabu (14/7/2021).

METROBATAM.COM. Lingga – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 tahun 2021 Komando Distrik Militer (Kodim) 0315/Bintan di Desa Marok Tua, Kecamatan Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, secara resmi ditutup.

Upacara penutupan dilaksanakan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Marlin Agustina, di Gedung Nasional Kecamatan Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, pada Rabu (14/7/2021).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Komandan Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP) Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu, Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Wadanlantamal) IV, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Wakapolda Kepri) Brigjen Pol Darmawan, Bupati Lingga M Nizar, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lingga AKBP Arief Robby Rachman, dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Dabo Singkep Letkol Laut (P) Didik Hermawan, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait lainnya.

Danrem 033/WP, Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 033/WP, Mayor Inf Reza Fahlevi, mengatakan, TMMD tersebut adalah salah satu bentuk kegiatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam membantu Pemerintah membangun desa di wilayah, dengan target yang sudah direncanakan.

“Penutupan ini diusung dengan tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri. Jadi TNI, Pemerintah, beserta masyarakat bekerja sama bahu-membahu demi memajukan desa,” kata Mayor Inf Reza, Kamis (15/7/2021).

Berdasarkan perintah Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB), Mayjen TNI Hassanudin, Nomor: STR/44/3/2020 tanggal 9 Juni 2021 tentang Untuk Melaksanakan Operasional Kegiatan TMMD 111 Tahun 2021, lanjut Mayor Inf Reza, Danrem 033/WP Jimmy Ramoz Manalu, memerintahkan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0315/Bintan, Kolonel Inf I Ketut Artasuyasa untuk melaksanakan operasional kegiatan TMMD ke-111 tahun 2021 selama 30 hari.

Keterangan gambar: Penyerahan hasil laporan TMMD ke-111 tahun 2021 Kodim 0315/Bintan oleh Wadansatgas TMMD di Wilayah Kabupaten Lingga, Mayor Inf Jonas Malaiholo (kiri) kepada Bupati Lingga M Nizar.

“Berdasarkan perintah Bapak Pangdam I/BB yang selanjutnya diteruskan oleh Bapak Danrem 033/WP Jimmy Ramoz Manalu, dan memerintahkan Dandim 0315/Bintan di Nomor Sprint 404/2021 tanggal 11 Juni 2021, untuk melaksanakan operasi kegiatan TMMD ke-111 tahun 2021. Kegiatan tersebut dalam rangka membantu akselerasi pembangunan di daerah, melaksanakan kegiatan serbuan teritorial, mewujudkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh, serta terpelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI rakyat,” ujarnya.

Adapun tujuan TMMD tersebut, masih kata Mayor Inf Reza, ialah untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/Kota dalam mempercepat pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun nonfisik dan memanfaatkan kemanunggalan TNI rakyat dalam rangka menyiapkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh.

Sementara, Dandim 0315/Bintan selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas), Kolonel Inf I Ketut Artasuyasa, melalui Wakil Komandan Satuan Tugas (Wadansatgas) TMMD ke-111 di Wilayah Kabupaten Lingga, Mayor Inf Jonas Malaiholo, mengatakan, terwujudnya kegiatan fisik dan nonfisik itu diarahkan dalam rangka kesamaan visi dan misi pembangunan daerah.

“Selain itu memberdayakan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan sosial masyarakat. Sehingga memiliki ketahanan wilayah dan kemanunggalan TNI rakyat untuk siap menghadapi hakekat ancaman yang mungkin timbul,” katanya saat membacakan hasil laporan dari Dandim 0315/Bintan.

Sementara itu, sasaran kegiatan TMMD ke-111 tahun 2021 Kodim 0315/Bintan di Desa Marok Tua, Lingga, yang telah dilaksanakan iala berupa kegiatan fisik dan non fisik.

Kegiatan fisik meliputi pelebaran badan jalan sepanjang 3525 meter dan lebar 9 meter, penimbunan badan jalan sepanjang 3525 meter, pemasangan gorong-gorong (1x1m, 1x10M dan 1x1Mx10m (1 unit), pembuatan parit kanan dan kiri sepanjang 150 meter.

Selanjutnya, untuk kegiatan non fisik berupa pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan, penyuluhan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) penyakit tidak menular, penyuluhan wawasan kebangsaan tentang agama radikalisme, penyuluhan tentang hukum tentang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), penyuluhan tentang pelestarian lingkungan hidup (LH), penyuluhan tentang sadar wisata, penyuluhan tentang pertanian perkebunan dan perikanan, penyuluhan tentang bahaya narkoba, perkoperasian dan usaha kecil dan menengah (UKM) dan pembagian sembako.

“Alhamdulillah, pelaksanaan kegiatan fisik TMMD ke-111 tahun 2021 di Wilayah Kabupaten Lingga, selesai 100 persen berikut juga kegiatan non fisiknya,” ujarnya.

Pangdam I/BB melalui Wagub Provinsi Kepri, Marlin Agustina, menyampaikan bahwasanya kepada elemen masyarakat dalam setiap kegiatan gotong-royong sasaran TMMD ke-111 Kodim 0315/Bintan yang sudah diselesaikan antara lain pembukaan dan pembangunan jalan beton jembatan penghubung antardesa, pengerasan jalan, pembuatan gorong-gorong serta pembuatan saluran air di kanan dan kiri jalan.

Selain itu, lanjutnya, Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke-111 Kodim 0315/Bintan juga melaksanakan rehab rumah tidak layak huni milik masyarakat dan fasilitas umum (Fasum) berupa rumah ibadah. Disamping sasaran fisik, juga telah menyelesaikan sasaran non fisik berupa penyuluhan yang tentunya akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat khususnya guna menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa, mencegah peredaran maupun penyalahgunaan narkoba, terorisme dan komunisme serta sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 dan vaksinasi bagi masyarakat.

“Saya mewakili seluruh prajurit yang bertugas pada kegiatan TMMD ke-111 ini, mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat tutur kata dan tingkah laku para prajurit saya yang tidak berkenan di hati, baik disengaja maupun tidak disengaja selama mereka berkumpul bersama masyarakat. Semangat kebersamaan dan kekeluargaan yang sudah kita rasakan ini tetap berlanjut dalam setiap kesempatan yang baik ini. Demikian amanat saya, akhirnya dengan memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Marlin saat membacakan amanat Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin. (Ilh4m)

Pos terkait