Dewi Ansar Harapkan Batik Dapat Jadi Pendorong Ekonomi Kepri

Dewi Ansar Harapkan Batik Dapat Jadi Pendorong Ekonomi Kepri

METROBATAM.COM|TANJUNGPINANG –Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Provinsi Kepri, Hj. Dewi Kumalasari mengajak seluruh masyarakat Kepri untuk membudayakan memakai Batik Kepri. Selain kaya dengan motif budaya lokal, juga dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi Kepri.

Hal tersebut disampaikan Hj.Dewi Kumalasari usai menutup pameran batik Kepri dan berbagai penampilan seni sehubungan dengan Hari Batik Nasional (HBN) 2021, Minggu malam, (3/10) di Mega Mall, Batam.

“Penyelenggaraan HBN 2021 oleh A-Plus Entertainment ini sangat luar biasa, terutama untuk memperkenalkan Batik Kepri pada  masyarakat. Salah satunya dengan lomba fashion show busana dari kain batik. Anak-anak kita sedari kecil sudah diperkenalkan Batik Kepri sebagai salah satu kekayaan budaya kita,” tutur Hj.Dewi.

 

Bacaan Lainnya

 

Tidak itu saja, lanjut Hj.Dewi, dengan membudayakan memakai Batik Kepri, masyarakat Kepri sudah ikut andil dalam mendorong pemulihan ekonomi Kepri pasca terkendalinya Covid-19.

Ketua TP PKK ini juga berharap sektor batik ini bisa menjadi andalan sektor usaha masyarakat Kepri. Mengingat Kepri kaya akan motif batik dari berbagai Kabupaten/Kota dengan ciri khas masing-masing.

“Kami pun nanti dari Dekranasda akan mengajak seluruh Dekranasda Kabupaten/Kota secara berkesinambungan membina para pengrajin batik, membantu memperkenalkan dan memasarkan Batik Kepri ini. Mengoptimalkan tujuan dan fungsi keberadaan Dekranasda itu sendiri, termasuk memakai batik di acara-acara seremonial tertentu,” jelas istri Gubernur Kepri Ansar Ahmad ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar senang melihat antusias masyarakat menyaksikan berbagai kreasi kerajinan, seni dan pertunjukan yang mengekspose kekayaan batik Kepri.

Meski masih pandemi Covid-19 tetapi HBN 2021 bisa dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Seiring dengan meredanya kasus Covid-19 di Kota Batam yang sudah memasuki PPKM level 2.

“Saya senang melihat masyarakat antusias menyaksikan berbagai rangkaian acara dalam HBN 2021 ini. Dan ini sekaligus memperlihatkan geliat pemulihan ekonomi Kepri sudah berjalan. Tinggal kita pelan-pelan memperbanyak berbagai kegiatan pariwisata lainnya. Dinas Pariwisata tidak membuat iven tetapi akan back up setiap iven yang digelar,” ucap Buralimar yang hadir mendampingi Ketua Dekranasda Kepri.

Melihat antusias masyarakat pada Batik Kepri, Buralimar berencana menggelar acara yang sama di Tanjung Pinang sebagai ibu kota pemerintahan dan daerah lainnya.

Acara seperti ini, lanjut Buralimar perlu sering digelar karena cukup efektif memperkenalkan motif-motif batik dari Kabupaten/Kota se-Kepri.

(Hum/Budi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *