Pesan Gubernur Ansar Dihari Sumpah Pemuda

Pesan Gubernur Ansar Dihari Sumpah Pemuda

METROBATAM.COM|TANJUNGPINANG –Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad mengharapkan pemuda untuk menjadi agen perubahan dalam menyokong pembangunan Kepri di masa depan. Pemuda harus mempersiapkan diri sebagai generasi penerus yang akan berandil besar dalam arah kemajuan Kepri untuk menjadi daerah yang unggul dan berdaya saing sembari tetap berpegang pada nilai luhur budaya Melayu.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Ansar Ahmad dalam pidatonya saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tingkat Provinsi di Aula Wan Seri Beni, Tanjungpinang, Kamis (28/10).

Bacaan Lainnya

“Pemuda sebagai agen perubahan adalah sebuah fakta sejarah yang tidak bisa dihindari, pemuda selalu menjadi penentu momen penting perjalanan bangsa dan daerah dari sebelum masa kemerdekaan sampai dengan saat ini,” kata Gubernur.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tahun 2021 kali ini mengangkat tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Tema ini diangkat guna menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan dapat diwujudkan cita-cita bangsa.

Tema ini pula yang menjadikan semangat baru kareja di tangan pemuda lah harapan Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan melangkah lebih jauh untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Jika pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial
suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan Bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas
tembok kekinian dunia, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas
yang tinggi, dan mandiri.

“Untuk itu momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu
menjadi perekat Persatuan kita sebagai Bangsa untuk bersama-sama Bangkit melawan Pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui
kewirausahaan pemuda,” ucap Gubernur.

Gubernur menambahkan bila tantangan bagi bangsa Indonesia khususnya Kepulauan Riau bagi para pemuda tentunya tidak semakin ringan. Dinamika zaman yang terus berubah dengan cepat seiring perkembangan teknologi yang semakin masif membuat pemuda harus mampu beradaptasi dengan cepat dan inovatif.

“Semua itu dapat dicapai dengan komitmen bersatu dalam keragaman yang menjadi modal sosial dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan bangsa ke depan,” tutur Gubernur.

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini turut dibacakan ikrar sumpah pemuda oleh pemuda-pemudi yang memakai baju adat dari berbagai daerah di Indonesia sebagai bukti keragaman budaya namun mampu bersatu demi bangsa Indonesia.

Tampak hadir dalam upacara tersebut Wakil Ketua I DPRD Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Kapolda Kepri Irje Pol. Aris Budiman, Danlantamal IV Tanjung Laksma TNI Dwika Tjahya Setiawan, Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Pnb A. Donie P, Kajati Kepri Hari Setiyono, Kaskogabwilhan I Brigjen Lismer Lumban Siantar, dan sejumlah unsur Forkompinda Kepri lainnya.

(Hum/Budi)

Pos terkait