Rumpon Ikan Nelayan Banyak Hilang, Ini yang Disampaikan Marzuki

METROBATAM.COM, NATUNA – Sejumlah perwakilan nelayan dari beberapa kecamatan yang ada di Natuna datangi kantor DPRD untuk ketemu Komisi II DPRD Natuna pada Selasa, (11/1/2022). Mereka datang untuk mengadu karena rumpon nelayan sering hilang. Kuat dugaan hilang atau rusaknya rumpon ikan itu akibat kapal-kapal Lengkong, yang beroperasi di bawah 12 mil.

Menanggapi aduan para nelayan, Marzuki selaku ketua komisi II DPRD kabupaten Natuna menyampaikan beberapa hal dalam rapat ini, pertama inikan baru dugaan sementara bahwa hilangnya rumpon ikan nelayan akibat kapal Lengkong/ Cantrang.

Bacaan Lainnya

“Kan belum ada bukti yang otentik kerusakan itu dilakukan oleh kapal Lengkong. Dalam masalah ini politisi Gerindra itu meminta peran PDSKP, dalam pengawasan lebih aktif dan ketat untuk kedepannya, karena kan semua kapal yang diberi izin terpantau melalui Automatic Identification System (AIS),” pungkasnya.

 

Lanjut ketua Komisi II itu mengatakan, tidak juga terlalu sulit jika kita ingin mengetahui dan memberi peringatan keras bagi kapal-kapal yang beroperasi itu. Setau saya setiap kapal itu kan ada alat deteksinya, karena izin kapal yang beroperasi di atas 20GT, itu dikeluarkan oleh pemerintah pusat KKP. Nah jalur kapal ini kan di berikan izin beroperasi di atas 12Mil ke atas.

“Jika mereka keluar dari jalur itu maka akan terdeteksi, kecuali jika ada kapal yang nakal sengaja mematikan Automatic Identification System (AIS). Karena sewaktu rapat dengan Dirjen kemaren, kedapatan ada kapal yang mematikan sistem AIS akan di kasi peringatan keras,” terang Marzuki.

Adapun rapat yang berlangsung dihadiri oleh Dinas perikanan kabupaten Natuna, PSDKP, kepala UPT provinsi kepulauan Riau. (rdn)

Pos terkait