Bupati Rohul dan Palalawan Mendadak Batal Dilantik Hari ini

Metrobatam.com, Riau – Kementerian Dalam negeri memastikan penundaan pelantikan Bupati dan wakil bupati Terpilih Rokan Hulu, Suparman-Sukiman pada Selasa 19 April 2016 besok.
Pembatalan tersebut diungkapkan langsung Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, di Jakarta beberapa jam lalu, bahwa pelantikan bupati hasil Pilkada di Provinsi Riau untuk sementara belum bisa dilakukan sampai menunggu ada gubernur defitinif.
“Saya sudah informasikan pembatalan pelantikan dua bupati di Riau besok kepada Plt Gubernur sejak siang tadi. Pelantikan kepala daerah di Riau ditunda sampai gubernur definitif dilantik,” ujar Mendagri
Kapuspen Kemendagri Dody Riatmaji juga membenarkan iformasi tersebut. “Iya memang benar, kita telah memutuskan agar pelantikan saudara Bupati Rokan Hulu terpilih dibatalkan,” terang Dody menirukan keterangan Mendagri Tjahjo Kumolo.
Adapun pembatalan tersebut kata Dody Triatmaji, dihasilkan setelah koordinasi pihak Kemendagri dengan beberapa pihak seperti KPK dan KPU. Dimana hasilnya adalah menunda atau membatalkan pelantikan yang sedianya akan dilaksanakan Hari Selasa besok.
Ketika ditanya kapan Suparman bisa dilantik, Dody menyatakan sampai batas yang tidak ditentukan. “Pastinya kita belum tahu kapan. Namun kita menunggu sampai Presiden Joko Widodo melantik Gubernur Riau Definitif di Istana, itu yang tadi disampaikan pak Menteri,” tuturnya.
“Kita belum tahu kapan pelantikan Gubernur Riau defenitif, jadi ya sama-sama menunggu saja,” sambungnya.
Dody juga menuturkan, Mendagri Thajo Kumolo tidak menjelaskan secara rinci atau ril kepada pihak Dirjen Otda terkait pembatalan tersebut. “Soal alasan rincinya saya sampai saat ini belum tau, ya alasan satu-satunya yang saya dengar menunggu sampai pelantikan pak Andi menjadi Gubernur Definitif, bagaimana nantinya saya belum tahu,” ujarnya.
Ketika ditanya apakah ada surat pembatalan resmi, Dody langsung menjawab tidak. “Tidak ada surat melalui kami, pembatalan tersebut melalui telephone saja,” pungkasnya.
Sumber goriau.com/riau terkini

Related posts