KKP akan Salurkan Bantuan 54 Kapal untuk Kelompok Nelayan Kota Batam

Metrobatam.com, Batam – Nelayan Kota Batam Kepulauan Riau mendapatkan 54 unit kapal bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk membantu operasional dalam mencari ikan.

“Nelayan kami mendapatkan 54 unit kapal, ada yang 3 GT ada yang 5 GT,” kata Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan Kota Batam Suhartini di Batam, Jumat.

Read More

Jumlah yang didapatkan itu relatif lebih sedikit dari permintaan yang diajukan nelayan kepada pemerintah pusat sebanyak 123 unit kapal.

Suhartini mengatakan ada sebagian permintaan nelayan yang masih masuk daftar tunggu, dan diharapkan dapat segera direalisasikan.

Sebanyak 54 unit kapal itu disalurkan kepada Kelompok Usaha Bersama Nelayan di Kota Batam, bukan kepada per orangan.

“Penyerahan kapal belum dilakukan, masih menunggu pemerintah pusat,” kata Suhartini.

Kapal diberikan secara cuma-cuma pada kelompok nelayan untuk meningkatkan dan mempermudah kerja dalam mencari ikan bersama-sama.

Suhartini mencatat saat ini terdapat sekira 500 KUB Nelayan, dengan kinerja baik. Jumlah nelayan yang terdaftar di Dinas KP2K sendiri sebanyak 7.000 orang.

Menurut dia, KUB nelayan Batam memiliki prestasi relatif baik, sehingga pemerintah percaya memberikan banyak bantuan.

“Di tingkat nasional, namanya harum. Menjadi tujuan studi banding. Karena apa yang mereka capai harus dikembangkan, dengan pola pengembangan yang baik,” kata dia.

“Kami ingin membuat nelayan maju, menjadi pengusaha. Ternyata bisa, ada KUB yang membeli dua unit ruko,” kata dia.

Sementara itu, pemerintah pusat menganggarkan bantuan 3.354 unit kapal di bawah 5 GT, 357 unit kapal 5-10 GT, 136 unit kapal 10-30 GT, dan 59 unit kapal 30 GT ke atas untuk disalurkan ke seluruh Indonesia pada tahun ini.

(Sumber: Antarakepri.com)

Foto:Ilustrasi

Related posts