oleh

Yuk, Kenalan dengan 10 Kampus Favorit SNMPTN 2016!

-Pendidikan-65 views

Metrobatam.com, JAKARTA РHasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 telah diumumkan. Dari puluhan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di seluruh Indonesia, ada sejumlah kampus yang menjadi favorit para siswa di SNMPTN 2016, lho!

Berikut ini daftar kampus negeri favorit pilihan siswa yang selalu menjadi primadona dalam jalur pendaftaran SNMPTN.

Universitas Padjadjaran

Kampus yang terletak di Jatinagor, Jawa Barat ini memang tidak diragukan lagi kualitasnya. Itu sebabnya, banyak calon mahasiswa yang memilih kampus satu ini sebagai salah satu tujuan studi mereka di pendidikan tinggi. Tahun 2016, sendiri Unpad kembali memegang jawara sebagai PTN dengan pendaftar terbanyak di SNMPTN 2016 yaitu 58.937 siswa.

Universitas Brawijaya

Didirikan pada 1963, Universitas Brawijaya menjadi salah satu PTN yang berhasil menarik minat calon mahasiswa untuk berkuliah di kampus yang terletak di Jawa Timur tersebut. Pada SNMPTN 2016, kampus dipilih oleh 47.452 siswa.

Universitas Diponegoro

Salah satu PTN terbaik di Indonesia yaitu Universitas Diponegoro juga berhasil membuktikan diri. Dengan kualitas pendidikan yang dimilikinya, kampus yang terletak di Semarang ini menarik hati 43.634 calon mahasiswa pada jalur SNMPTN 2016.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM merupakan kampus pertama yang didirikan Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada 19 Desember 1949. Pada SNMPTN 2016 ini, UGM menjadi salah satu PTN dengan pendaftar terbanyak yaitu 43.326 siswa.

Universitas Sumatera Utara (USU)

Awalnya Universitas Sumatera Utara didirikan sebagai Yayasan Universitet Sumatera Utara pada 4 Juni 1952. Dengan Fakultas pertama yang didirikan yaitu Fakultas kedokteran, kini USU menjadi salah satu PTN terbaik di Indonesia. Jumlah siswa yang mendaftar di USU pada SNMPTN 2016 mencapai 39.143 orang.

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Kampus yang terletak di Solo ini telah menjadi salah satu PTN terbaik yang ada di negeri ini. UNS sendiri sudah berdiri sejak 11 Maret 1979 serta menyediakan program pendidikan mulai dari Diploma, Sarjana sampai Pascasarjana. Pada SNMPTN 2016, UNS berhasil menarik 39.017 siswa untuk memilih kampus tersebut.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Kampus yang juga terletak di Bandung ini memiliki sejumlah kampus di lokasi berbeda, antara lain di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang sampai Purwakarta. Pada 2016 ini, UPI mendapat 38.098 siswa yang mendaftar melalui jalur SNMPTN.

Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Unnes merupakan salah satu perguruan tinggi eks-IKIP yang statusnya meningkat menjadi universitas. Kampus yang dipimpin oleh Prof Dr Fathur Rokhman MHum ini menjajarkan dirinya sebagai PTN terbaik di Indonesia. Buktinya dalam SNMPTN 2016, 36.897 siswa telah memilihnya.

Universitas Hasanuddin (Unhas)

Satu lagi kampus di luar Jawa yang berhasil menggaet calon mahasiswa pada SNMPTN 2016, yaitu Unhas. Dengan pendaftar tidak kurang dari 34.064 siswa, kampus di Kota Makassar itu mampu membuktikan diri sebagai salah satu PTN terbaik negeri ini.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Kampus yang dipimpim oleh Prof Dr H Rochmat Wahab MPd MA ini dikenal sebagai PTN pencetak calon guru andalan Indonesia. Total pendaftar yang memilih UNY di SNMPTN 2016 ini adalah 33.183 siswa. (afr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed