Perlu Diketahui, ada 5 Penyakit Menular Pemakaian Toilet Umum

ilustrasi

Metrobatam.com – Toilet umum digunakan oleh berbagai macam orang dengan masalah kesehatan mereka masing-masing. Jadi walaupun Anda sehat dan tidak mengidap penyakit apa-apa, bisa saja setelah memakai toilet di mal atau tempat umum lainnya Anda malah jadi tertular penyakit berbahaya. Ngeri sekali kan?

Karena itu waspadalah selalu saat terpaksa buang besar atau kecil di toilet umum, dan tetap jaga kebersihan diri Anda. Gunakan sabun anti bakteri atau tisu basah anti bakteri untuk membersihkan diri usai buang hajat. Sebisa mungkin minimalkan memegang dudukan toilet, kran air, atau gagang pintu yang menjadi benda paling sering dipegang banyak orang.

Bacaan Lainnya

Perlu diketahui, ada 5 jenis penyakit yang bisa menular akibat pemakaian toilet umum yang kurang higienis. Berikut ini penjelasannya:

Infeksi

Infeksi disebabkan oleh kuman dan bakteri yang dapat menyebar di toilet umum karena penderitanya memakai toilet yang sama. Misalnya bakteri Streptococcaceae, penyebab sakit tenggorokan dan radang paru-paru. Atau Enteribacteriaceae memicu infeksi ginjal dan shigellosis. Juga berbagai kuman penyebab penyakit kulit, sangat mudah menyebar di tempat umum.

Infeksi jamur

Biasanya kuman yang memicu infeksi jamur ada di bagian dudukan toilet, menyebabkan penyakit kelamin. Cegahlah dengan membersihkan dahulu bagian dudukan toilet sebelum duduk di atasnya.

Penyakit menular seksual

Bakteri penyebab penyakit menular seksual juga mudah sekali menyebar di toilet umum. Bisa lewat airnya, dudukan toilet, dan benda lain. Herpes genital salah satunya, yang kumannya menyebar dengan cara masuk lewat bagian selaput lendir.

Sakit perut

Penyebabnya adalah bakteri E.Coli, yang memicu sakit perut dan diare serta kram perut.

Infeksi vagina

Penyebaran kumannya mirip dengan penyakit menular seksual, bedanya ia memicu penyakit pada organ reproduksi wanita semisal keputihan atau infeksi vagina.

Waspadalah dengan kebersihan toilet umum, agar tidak mudah tertular penyakit-penyakit di atas. (MB/Sidomi)

Pos terkait