Rupiah Desain Baru Diberi Pengaman untuk Cegah Pemalsuan

Metrobatam, Jakarta – Bank Indonesia (BI) akan menerbitkan uang rupiah NKRI dengan desain baru tahun ini. Pengamanan di rupiah desain baru itu ditingkatkan. Menurut Direktur Departemen Komunikasi BI, Arbonas Hutabarat, bank sentral akan melakukan penguatan unsur pengaman pada uang rupiah yang akan diterbitkan tersebut.

“Untuk mempermudah identifikasi ciri keaslian uang Rupiah oleh masyarakat serta mempersulit upaya pemalsuan uang, Bank Indonesia akan melakukan penguatan unsur pengaman pada uang Rupiah yang akan diterbitkan tersebut,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/9).

Bacaan Lainnya

Uang rupiah NKRI itu akan memuat gambar 12 Pahlawan Nasional yang sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Keppres No. 31 Tahun 2016. Rencananya, uang baru tersebut bisa terbit di tahun ini.

Ia mengatakan, penggunaan gambar pahlawan nasional tersebut bertujuan untuk lebih mengenalkan pahlawan nasional kepada masyarakat, menumbuhkembangkan semangat kepahlawanan, kepatriotan, kejuangan, serta sikap keteladanan bagi setiap orang dan mendorong semangat melahirkan karya terbaik bagi kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara.

Jika uang desain baru tersebut sudah terbit, uang rupiah lama tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah sampai dilakukan pencabutan dan penarikan oleh BI.

“Apabila uang rupiah kertas dan logam tersebut telah dikeluarkan dan diedarkan pada waktunya, uang rupiah kertas dan logam yang masih beredar saat ini masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah (legal tender) di wilayah NKRI,” katanya.(mb/detik)

Pos terkait