Soal Buku Anak ‘Masturbasi’, Kemdikbud Akan Tuntut Penerbit

Metrobatam, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bereaksi keras atas peredaran buku anak “Aku Berani Tidur Sendiri” yang memuat konten masturbasi. Kemdikbud bersiap menuntut penerbit buku tersebut.

“Saya sudah menugaskan Irjen untuk mempersiapkan diajukan penuntutan,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy kepada wartawan, Senin (27/2).

Read More

Muhadjir mengatakan pihaknya sudah menerima permintaan maaf penerbit, yaitu Tiga Ananda, yang merupakan bagian dari Tiga Serangkai. Namun permintaan maaf tidak cukup, harus ada efek jera agar kasus serupa tak berulang.

“Kalau nanti ada unsur kesengajaan, biar jadi pelajaran. Harus kita seriusi,” ujar mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Muhadjir mengatakan buku pendidikan, baik buku utama maupun buku penunjang, haruslah dilaporkan, dikonsultasikan, dan diperiksa Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud. Buku itu, disebut oleh penerbitnya untuk pendidikan anak.

“Dia kan mengklaim sebagai bagian dari buku pendidikan, tapi buku itu tidak pernah dikonsultasikan,” ujar Muhadjir.(mb/detik)

Related posts