Ini Rumah Makan Sangat Sederhana yang Jadi Tempat Makan Jokowi di Perbatasan

Metrobatam, Pontianak – Layaknya usai acara seremonial pasti dilengkapi dengan makan-makan. Apalagi petinggi dalam acara tersebut adalah kepala negara, sudah pasti menu makan dan penyajiannya mewah. Begitu juga tempatnya pasti dikemas serapi dan seindah mungkin.

Namun, tidak untuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Usai meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar), ia lebih memilih makan di rumah makan yang sangat amat sederhana.

Read More

Rumah Makan Jember namanya. Letaknya di Jalan Raya Badau, Kabupaten Kapuas Hulu. Hampir empat kilometer dari perbatasan untuk menjangkaunya.

Kesederhanaan tersebut diketahui dari salah satu foto yang sempat viral di sosial media. Foto tersebut menggambarkan Jokowi duduk bersama pejabat lainnya tengah menyantap makan siang. Sekilas dalam foto itu, menunya tampak biasa. Namun, agaknya disukai Jokowi.

Dalam foto tersebut, Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana, Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo. Di hadapannya, tampak Gubernur Kalbar Cornelis berserta istri dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berserta istri juga siap menyantap lauk pauk seadanya.

Tak ada yang indah dan istimewa di sekeliling rumah makan ini. Bahkan, meja panjang nomor tiga yang dipilih hanya berlapiskan bekas spanduk banner. Begitu juga kursi plastik yang mulai menua dan tak berwarna seragam.

Foto viral yang belum diketahui sumbernya ini kemudian dibagikan Jokowi diakun Facebook pribadinya. Dilengkapi status;

“Setelah meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Nanga Badau, Kalimantan Barat, saya dan rombongan mampir di Rumah Makan Jember, Jln. Raya Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, hampir empat kilometer dari perbatasan.

Tempatnya cukup sederhana, tapi menunya sangat lengkap. Dari ayam bakar, sop tulang, rawon, soto babat, nasi uduk sampai bakso semua ada di sini.

Seiring dengan pembangunan infrastruktur yang merata, ekonominya akan semakin bergairah, kerjasama dengan negara tetangga meningkat dan saya yakin rumah makan di daerah perbatasan ini juga semakin maju seperti kota-kota besar di Indonesia”.(mb/okezone)

Related posts