Tingkatkan Kemampuan Para Siswa, Pemko Batam Rencanakan Tambah Jam Pelajaran Bahasa Inggris

Metrobatam.com, Batam – Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau berencana menambah jam pelajaran Bahasa Inggris di sekolah-sekolah demi meningkatkan kemampuan para siswa menggunakan bahasa internasional.

“Tambah pelajaran Bahasa Inggris,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Senin.

Read More

Penguasaan Bahasa Inggris dipercaya mampu meningkatkan daya saing para siswa saat sudah bekerja. Apalagi, kota itu berhadapan dengan dunia internasional, karena berbatasan dengan Singapura dan Malaysia.

Tidak hanya mampu bersaing di lokal Batam, anak yang menguasai Bahasa Inggris juga bisa bekerja di luar negeri. Jadi tidak hanya mengandalkan lowongan di dalam kota.

“Bisa Bahasa Inggris, bisa internet. Dua itu agar dikuasai. Seperti orang Filipina,” kata Rudi.

Menurut dia, kemampuan yang dimiliki warga Batam Indonesia dengan warga Filipina sama saja. Namun, karena warga Filipina menguasai Bahasa Inggris, maka lebih banyak diterima bekerja di Singapura dan negara lainnya.

“Menangnya Filipina itu saja,” kata Rudi.

Penambahan jam pelajaran Bahasa Inggris, sama dengan penambahan jam pelajaran Agama di sekolah, keduanya demi memperbaiki kualitas hasil pendidikan di kota itu.

Rudi mengatakan penambahan jam pelajaran agama di sekolah sudah berjalan, dan tujuannya untuk meningkatkan kualitas iman dan takwa para siswa.

Sementara itu, untuk menekan angka pengangguran di kota itu, Rudi menyatakan pemerintah memulainya dengan membangun banyak infrastruktur.

Pembangunan infrastruktur melahirkan banyak efek positif. Dimulai dari pergerakan ekonomi saat pembangunan hingga mampu menjadi daya tarik bagi investor untuk menanamkan modal dan mendatangkan banyak wisatawan mancanegara.

Infrastruktur yang mumpuni dipercaya akan menjadi magnet penanam modal untuk membuka usahanya di Batam, dengan begitu maka akan menyerap tenaga kerja dan menurunkan angka pengangguran.

  • Mb/Antara

Related posts