Piala FA: Pedro dan Morata Dikartu Merah, Chelsea Kalahkan Norwich Lewat Adu Penalti

London – Chelsea berhasil melaju ke babak keempat Piala FA setelah mengalahkan Norwich City. The Blues menang susah payah 5-3 lewat adu penalti setelah berimbang 1-1 di waktu normal.

Menjamu Norwich di laga ulangan babak ketiga Piala FA di Stamford Bridge, Kamis (18/1) dinihari WIB, Chelsea dibuat was-was. Sempat unggul 1-0 lewat gol Michy Batshuayi di menit ke-55, mereka malah harus kebobolan di masa injury time oleh Jamal Lewis.

Chelsea malah makin kehilangan momentum setelah Pedro Rodriguez dan Alvaro Morata dikartu merah di babak tambahan. Tapi tak ada gol di 2×15 menit.

Chelsea pada akhirnya bisa memastikan kemenangan lewat adu penalti dengan skor 5-3. Seluruh eksekutor The Blues berhasil menjalankan tugas dengan baik. Sementara itu, satu penendang Norwich gagal menjalankan tugasnya.

Bacaan Lainnya

Kemenangan ini mengantarkan Chelsea melaju ke babak keempat melawan Newcastle United pada Minggu (28/1/2018) dinihari WIB.

Jalannya Pertandingan

Chelsea langsung mengambil kendali permainan di awal-awal laga. Kesempatan pertama mereka dapatkan lewat tendangan jarak jauh Danny Drinkwater di menit ke-7. Sial untuk Chelsea. Bola masih sedikit melebar dari gawang.

Empat menit kemudian Chelsea kembali mendapat kesempatan bagus untuk mencuri gol. Cesar Azpilicueta menyia-nyiakan peluang setelah gagal menyodok bola hasil umpan silang Wilian dari sisi kanan ke tiang jauh.

Di menit ke-25 Drinkwater kembali memberi ancaman ke gawang Norwich. Mantan Gelandang Leicester City itu melepaskan tendangan jarak jauh, namun masih gagal berbuah gol setelah bola cuma membentur mistar gawang.

Sepuluh menit kemudian giliran Norwich yang mengancam gawang Cheslea. Akan tetapi, usaha tim tamu masih gagal setelah tendangan Nelson Oliveira membentur mistar gawang. Hingga turun minum skor 0-0 tetap bertahan.

Di lima menit babak kedua Chelsea belum menunjukkan peningkatan permainan. Sementara itu, tim tamu malah terlihat lebih agresif daripada sebelumnya.

Akan tetapi, Chelsea malah bisa unggul 1-0 duluan lewat gol Batshuayi di menit ke-55. Striker 24 tahun itu berhasil melesakkan gol setelah menyambar umpan silang Kenedy dari jarak dekat.

Cheslea terus menegakan Norwich meski sudah unggul satu gol. Namun, gol tambahan tak kunjung datang sampai laga memasuki masa injury time.

Alih -alih menambah gol, Chelsea malah melepas kemenangan yang sudah ada di depan mata. Norwich sukses menyamakan skor lewat sundulan Jamal Lewis di masa injury time. Laga pun harus berlanjut ke babak tambahan 2×15 menit.

Chelsea yang tak mau malu di hadapan publik sendiri melakukan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Norwich. Peluang emas mereka dapatkan di menit ke-113 lewat sontekan Alvaro Morata. Sial untuk Chelsea, bola yang disambar Morata masih bisa ditepis dengan satu tangan oleh Angus Gunn.

Di babak kedua tambahan waktu, Morata kembali mendapat kesempatan bagus di menit ke-114. Si striker lolos dari kawalan dan menyambut umpan silang Andreas Christensen dengan sundulan. Namun, bola masih mengarah tepat di pelukan kiper lawan.

Norwich mendapat keuntungan di menit ke-177 dengan diusirnya Pedro Rodriguez keluar lapangan. Winger asal Spanyol itu diganjar kartu kuning kedua setelah menghentikan laju lawan. Kartu kuning sebelumnya dia dapat di menit ke-62.

Di menit ke-120 Chelsea harus bermain dengan sembilan orang. Morata diganjar kartu kuning dua kali secara langsung setelah melakukan protes berlebihan, lantaran kecewa tak diberi penalti usai dilanggar lawan.

Tak ada gol yang tercipta di babak tambahan. Laga pun berlanjut ke babak penalti untuk mencari pemenang.

Di babak tos-tosan Chelsea keluar sebagai pemenang. Mereka menang dengan skor 5-3 setelah Wilian, David Luiz, Azpilicueta, N’Golo Kante, dan Eden Hazard berhasil menjalankan tugasnya.

Norwich gagal setelah penendang pertamanya, Nelson Oliveira, gagal menjalankan tugas. Sementara itu James Maddison, Mario Vrancic, dan Josh Murphy berhasil menceploskan bola ke gawang Wilfredo Caballero.

Susunan Pemain

Cheslea: Caballero, Azpilicueta, Luiz, Ampadu (Christensen 81′), Zappacosta, Bakayoko, Drinkwater (Hazard 100′), Kenedy (Kante 86′), Willian, Batshuayi (Morata 81′), Pedro.

Norwich: Gunn, Pinto (Tettey 116′), Zimmermann, Hanley (Cantwell 86′) (Stiepermann 120′), Klose, Lewis, Reed (Hoolahan 82′), Vrancic, Maddison, Murphy, Oliveira. (mb/detik)

Pos terkait