WHO Tetapkan Status Darurat Global Terkait Virus Corona, Ini Alasannya

Jenewa – Organisasi kesehatan dunia (WHO) telah menetapkan status darurat terkait wabah virus corona di China. Ini alasan penetapan status darurat global terkait virus corona yang telah menyebar hingga ke belasan negara.

“Alasan utama dari deklarasi ini bukan karena apa yang terjadi di China tetapi karena keadaan di negara-negara lain,” kata petinggi WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus di Jenewa seperti dikutip dari AP, Jumat (31/1/2020).

Bacaan Lainnya

Tedros khawatir jika virus ini menyebar ke negara dengan sistem kesehatan yang lemah. Ada ketakutan negara yang dimaksud tidak siap menghadapi bahaya virus corona.

“Kekhawatiran terbesar kami adalah potensi virus ini menyebar ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah yang tidak siap menghadapinya,” sebut Tedros.

Selain itu Tedros menekankan deklarasi darurat global ini bukanlah bentuk ketidakpercayaan terhadap China untuk mengatasi penyebaran virus corona. WHO yakin dengan kemampuan China menekan penyebaran virus corona.

“Deklarasi ini bukanlah mosi tidak percaya di China. Sebaliknya, WHO terus memiliki kepercayaan terhadap kapasitas China untuk mengontrol wabah,” kata Tedros.

Deklarasi darurat global biasanya membawa uang dan sumber daya yang lebih besar, tetapi juga dapat membuat pemerintah yang gelisah membatasi perjalanan dan perdagangan ke negara-negara yang terdampak.

Meski demikian, Tedros mengatakan WHO tidak merekomendasikan membatasi perjalanan atau perdagangan ke China. Dia menambahkan Presiden China Xi Jinping telah berkomitmen membantu menghentikan penyebaran virus di luar China.

“Dalam diskusi saya dengan presiden dan pejabat lainnya, mereka bersedia mendukung negara-negara bersistem kesehatan yang lebih lemah dengan apa pun yang memungkinkan,” kata Tedros. (mb/detik)

Pos terkait