Amien Rais dan Mulfachri Tak Hadiri Pembukaan Kongres PAN

Metrobatam, Kendari – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dan Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap tak terlihat hadir di acara pembukaan Kongres V PAN yang digelar di Lapangan Tugu Persatuan, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (10/2).

Padahal, berdasarkan susunan acara Kongres V PAN yang diterima CNNIndonesia.com, Amien dijadwalkan memberikan kata sambutan dalam acara pembukaan.

Read More

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan Amien tengah menggelar rapat penting. Informasi itu, kata dia, disampaikan Amien kepada Ketua Panitia Pelaksana Kongres V PAN Eko Hendro Purnomo.

Menurutnya, Amien telah mengizinkan pihaknya tetap melanjutkan pembukaan Kongres V PAN, walaupun dirinya tak bisa hadir hingga acara berakhir.

“Satu jam lalu, saudaraku Amien Rais tadi dapat kabar dari Mas Eko, mudah-mudahan bisa hadir, tapi kalau tidak, silakan acara dilanjutkan,” kata Zulhas saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Kongres V PAN.

Sementara itu, terkait ketidakhadiran Mulfachri belum diketahui penyebabnya. CNNIndonesia.com telah mencoba menghubungi Mulfachri lewat aplikasi WhatsApp. Namun, Mulfachri belum merespon pesan tersebut hingga berita ini diturunkan.

Amien mendukung Mulfachri dengan memasangkan putranya, Hanafi Rais, untuk menduduki jabatan sekretaris jenderal PAN periode mendatang.

Sementara itu, Zulhas akan kembali mencalonkan diri sebagai ketua umum PAN periode mendatang. Di luar dua nama tersebut, dua nama kader PAN lainnya juga telah mendaftarkan diri untuk meramaikan pemilihan ketua umum PAN periode mendatang. Mereka adalah Asman Abnur dan Drajad Wibowo.

Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut Amien sedang mengikuti rapat yang tidak bisa ditinggalkan. Zulhas awalnya menyinggung pesan Amien soal kontestasi pemilihan ketum PAN. Menurutnya, Amien mengibaratkan kontestasi ketum PAN seperti smackdown.

“Memang kadang-kadang kompetisi itu keras. Pak Amien mengatakan kompetisi seperti smackdown, kadang-kadang bantingan-bantingannya keras. Tetapi setelah itu kita harap bersatu lagi untuk memperkokoh partai kita,” kata Zulhas saat menyampaikan sambutan di Lapangan Tugu Persatuan, Kendari, Sultra, Senin (10/2/2020).

Barulah kemudian Zulhas menjelaskan alasan Amien tidak menghadiri pembukaan kongres di Lapangan Tugu Persatuan. Amien, kata Zulhas, menjelaskan alasan ketidakhadirannya kepada Ketua Pelaksana (Organizing Committee) Kongres PAN Eko Hendro Purnomo alias Eko ‘Patrio’.

“Wabil khusus tentu yang kita muliakan, kita cintai, Ketua Dewan Kehormatan, Saudaraku, Muhammad Amien Rais, yang baru saja mengirimkan, tadi satu jam yang lalu ke Mas Eko, sedang rapat penting,” ungkap Zulhas.

Amien memang tidak terlihat di lokasi pembukaan Kongres PAN di Lapangan Tugu Persatuan, Kendari. Bahkan, caketum yang didukung Amien, Mulfachri Harahap, juga tidak hadir. (mb/cnn indonesia/detik)

Related posts